Saat Anda Mengalami 5 Hal ini, Tandanya Sudah Saatnya Diet
Ilustrasi (Moe Magners/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Berat badan yang berlebihan dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Hal-hal tersebut seperti jantung yang bekerja lebih keras, tekanan pada arteri dan persendian, serta peradangan yang berakibat pada diabetes dan penyakit jantung. Dikutip dari Insider, Minggu, 2 Mei, berikut 5 pertanda seseorang harus menurunkan berat badan alias diet dan berkonsultasi kepada ahlinya.

Nyeri Sendi

Jika berjalan kaki atau menuruni tangga saja terasa melelahkan, bisa jadi pertanda bahwa beban tubuh terlalu berat dan berdampak pada persendian. Diet dan olahraga secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi rasa sakit pada sendi.

Mendengkur terlalu keras

Mendengkur saat tidur merupakan salah satu kondisi terganggunya pernapasan. Saat tubuh menyimpan lemak terlalu banyak di leher, pernapasan menjadi pendek dan tersendat. Hal itu menyebabkan dengkuran yang keras serta tidur menjadi kurang nyenyak.

Tekanan darah tinggi

Berat badan yang berlebihan dapat berpengaruh pada tingginya tekanan darah. Hal ini menyebabkan sistem kardiovaskular harus bekerja ekstra untuk mengatur pertukaran oksigen dalam tubuh. Menerapkan pola makan sehat dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kolesterol tinggi

Menurunkan berat badan adalah cara utama untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Kebiasaan lain selain diet juga berpengaruh pada munculnya kolesterol, seperti asupan nutrisi serta pola olahraga yang teratur. Perubahan pola makan dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Diabetes

Lemak berlebih dalam tubuh dapat berpengaruh pada kesehatan pankreas, organ yang berfungsi menyimpan dan melepaskan insulin. Insulin adalah hormon yang mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Jika lemak berkurang, maka pankreas dapat bekerja lebih optimal dan mampu mengontrol kadar gula darah dengan baik. Hal tersebut dapat berpengaruh pada kesembuhan penyakit diabetes.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Tanda Kapan Seseorang Harus Segera Menurunkan Berat Badan.

Selain terkait diet, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.