5 Manfaat Vitamin C untuk Kulit Wajah, Salah Satunya Mempercepat Penyembuhan Luka
Ilustrasi manfaat vitamin c untuk kulit (Pexels/Anna Shvets)

Bagikan:

SURABAYA – Vitamin C banyak manfaatnya, yang paling dikenal dapat meredakan influenza dan menyembuhkan sariawan. Pada penggunaan topikal atau dipakai untuk salep, krim, gel, losion, dan varian lainnya yang dikenakan pada kulit atau selaput lendir, vitamin C bermanfaat untuk kulit.

Dilansir dari WebMD, Rabu, 7 April, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat mengurangi kerusakan pada kulit. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Memudarkan flek hitam

Ada berbagai brand yang memformulasikan vitamin C sebagai bahan utama dari sebuah produk perawatan kulit. Terutama produk perawatan yang diklaim mampu mencerahkan flek hitam dan meratakan warna kulit wajah.

Flek hitam dikenal juga dengan hiperpigmentasi. Dalam sebuah studi, vitamin C dibuktikan efektif mengurangi bintik-bintik hitam setelah dioleskan ke kulit selama 16 minggu.

Mengurangi kerutan atau keriput

Beberapa studi membuktikan bahwa vitamin C bermanfaat untuk kulit wajah, khususnya dapat mengurangi kerutan atau keriput setelah menggunakannya selama 12 minggu.

Disamping penggunaan vitamin C secara topikal lewat produk perawatan kulit, dapat juga manfaatnya diperoleh dengan diet makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Salah satu studi juga membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki jumlah keriput yang lebih sedikit.

Meningkatkan kelembapan kulit wajah

Kelembapan alami pada kulit wajah karena produksi kolagen yang cukup. Selain itu, kolagen sebagai protein alami membantu mencegah kulit kendur.

Penurunan produksi kolagen dipengaruhi oleh bertambahnya usia. Untuk mengatasi penurunan kolagen, Anda dapat menambahkan perawatan kulit wajah misalnya dengan rutin memakai serum yang diformulasi dari vitamin C.

Menyembuhkan luka

Paling sering dialami, luka pada kulit wajah disebabkan jerawat. Ini dapat diredakan dengan vitamin C yang bermanfaat sebagai antiinflamasi dan penyembuhan luka jadi lebih cepat.

Disamping itu, luka di bagian kulit lainnya dapat pula diatasi dengan mengonsumsi suplemen yang bernutrisi serta mengandung vitamin C.

Memudarkan bekas luka

Luka setelah operasi membikin tak percaya diri. Telah dibuktikan dalam sebuah penelitian bahwa vitamin C membuat bekas luka tak terlihat jelas.

Penelitian tersebut melibatkan 80 orang, setengahnya mengoleskan gel yang mengandung vitamin selama 6 bulan setelah jahitan lepas. Hasilnya bekas luka lebih tak terlihat dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan gel tersebut.

Apabila Anda memilih produk perawatan untuk manfaat yang telah disebutkan di atas, direkomendasikan produk yang sebagai berikut:

  • Mengandung asam L-askorbat merupakan salah satu bentuk vitamin C topikal dan lebih efektif dibanding magnesium ascorbyl phosphate atau ascorbyl palmitate.
  • Pilih serum dengan konsentrasi vitamin C 10 hingga 20 persen.
  • Pakai serum atau krim setelah membersihkan wajah dan sebelum mengoleskan losion pelembab.
  • Hindari memakai produk perawatan yang mengandung vitamin C dan retinol bersamaan sebab dapat berpotensi mengiritasi kulit, jadi pakailah berganti-gantian.
  • Pilih produk perawatan mengandung vitamin C yang dikemas berwarna gelap, sebab terpapar  cahaya dan udara dapat merusak bahan-bahan bermanfaat.
  • Dari sejumlah rekomendasi di atas, Anda dapat pula mengimbangi dengan konsumsi makanan mengandung vitamin C seperti pepaya, tomat, jeruk, stroberi, dan kiwi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Selain Menyembuhkan Jerawat, Ini 5 Manfaat Vitamin C untuk Kulit Wajah.

Selain terkait manfaat vitamin C, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.