Dikenal sebagai Bahan Kualitas Tinggi dan Tahan Puluhan Tahun, Begini Trik Merawat Kain Linen
Ilustrasi (Maite Onate/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA – Sudah mengenal bahan linen? Kain yang biasa dibuat pakaian di dunia fashion ini terbuat dari serat alami tanaman rami (Boehmeria Nivea). Ciri khasnya adalah permukaan yang halus tapi tampak berserat dan biasanya hanya tersedia dalam warna-warna natural atau pucat. 

Kekurangan dari kain ini adalah tidak elastis, sehingga cenderung mudah kusut. Namun, linen tetaplah bahan berkualitas tinggi yang bisa awet sampai bertahun-tahun dan inilah yang membuat harganya cukup mahal di pasaran. 

Buat yang menyukai bahan linen, pastikan Anda mengetahui cara perawatannya ya! Sebab, butuh perlakuan khusus agar kondisinya terus terjaga dengan baik dan bisa dipakai sampai puluhan tahun. Berikut tips merawat linen yang bisa dilakukan di rumah: 

Semakin sering dicuci semakin lembut 

Salah satu keunikan dari bahan linen adalah ketika sering dicuci, maka ia bisa menjadi makin lembut dan nyaman dipakai. Bedanya dari bahan lain yang semakin sering dicuci jadi rusak, linen malah makin enak dipakai dan tidak jadi tampak kusam. Sebaiknya gunakan air dingin untuk mencucinya ya agar bahan tidak menyusut. 

Jangan pakai pemutih

Meski Anda punya baju linen warna putih, sebaiknya hindari pemutih pakaian. Kandungan pemutih pakaian bisa merusak serat-serat dalam bahan linen yang membuatnya kaku. Cuci linen dengan deterjen biasa saja sudah cukup kok! 

Jangan dikeringkan di mesin cuci

Bila Anda mencuci baju linen di mesin cuci, tidak perlu dilanjutkan ke tahap pengeringan ya! Setelah selesai dicuci, cukup kibas-kibas beberapa kali agar tidak berkerut kemudian jemur dengan hanger yang empuk. Pengering mesin cuci bisa bikin bahan linen jadi mudah menciut. 

Hindari setrika langsung 

Jika butuh menyetrika baju linen, sebaiknya jangan langsung kena bahannya ya! Anda bisa memberi alas kain untuk menghindari kontak antara baju dan setrika agar warnanya tetap cantik dan menjaga serat-seratnya agar tidak rusak. 

Pakai steamer 

Cara terbaik untuk bikin baju linen tetap rapi sebenarnya bisa pakai steamer. Jadi baju tidak perlu melewati pengering mesin cuci dan setrikaan. Anda tinggal gantung baju atau letakkan di atas handuk bersih, lalu gunakan steamer untuk merapikannya agar tidak kelihatan kusut dan berkerut. 

Digantung, bukan dilipat

Setelah baju rapi, jangan dilipat! Sebaiknya semua koleksi berbahan linen digantung di lemari. Pilih hanger yang cukup kokoh seperti dari kayu atau plastik tebal. Kenapa linen harus digantung? Sebab melipatnya bisa membuat bahan jadi mudah kusut dan menghindari Anda harus menyetrika ulang saat nanti akan dipakai.

Artikel ini telah tayang dengan judul Trik Merawat Bahan Linen Agar Awet Puluhan Tahun.Selain terkait trik merawat bahan linen, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.