Merawat Kulit Wajah agar Tetap Halus dengan Cuka Apel
Ilustrasi (Kalos Skincare/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kebanyakan orang memanfaatkan cuka apel untuk kesehatan dan menambah cita rasa masakan. Rupanya dibalik dua manfaat ini, cuka apel juga berkhasiat untuk kecantikan. Cuka yang berasal dari hasil fermentasi sari apel ini juga dianggap sama dengan minyak kelapa. Penasaran dengan berbagai manfaat kecantikan yang bisa Anda dapat jika rutin merawat kulit dengan bahan ini? Simak terus artikel ini, ya.

Melawan Jerawat

Zat anti bakteri dan antiseptik yang terdapat dalam cuka apel sangat bermanfaat untuk mencegah jerawat secara alami. Kandungan lain seperti Alpha Hydroxy Acid dan Acetic Acid turut menjaga pori-pori kulit tetap bebas dari bakteri penyebab jerawat, debu, serta polusi.

Cara pakai: campurkan satu sendok makan cuka apel dengan dua cangkir air. Aplikasikan pada wajah yang bersih menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini dua kali sehari atau setiap selesai mencuci wajah.

Memudarkan Flek Hitam

Selain melawan jerawat, cuka apel juga dapat membantu memudarkan flek hitam pada wajah akibat penuaan dini maupun bekas jerawat. Kandungan Alpha Hydroxy Acid dalam cuka apel juga mempercepat regenerasi kulit.

Cara Pakai: Cara pemakaiannya sama dengan cara untuk melawan jerawat. Tapi kalau untuk memudarkan wajah, cukup lakukan perawatan seminggu 3 kali agar mendapat hasil yang optimal.

Mengeksfoliasi dan Melembutkan Kulit

Anda bisa menambahkan beberapa tetes cuka apel sebagai campuran scrub karena salah satu manfaatnya yang baik untuk eksfoliasi kulit. Kandungan Alpha Hydroxy Acid dalam cuka apel membantu mengelupas permukaan kulit dari tumpukan sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru yang sehat. Kandungan Acetic Acid juga dapat melembutkan kulit.

Cara Pakai: campurkan 1/2 cangkir oatmeal, 1 sendok brown sugar, 1 sendok teh perasan lemon, dan 1 sendok cuka apel. Aduk hingga rata dan berbentuk seberti pasta. Aplikasikan pada kulit dan biarkan 2 hingga 5 menit. Lalu bilas menggunakan air dingin.

Digunakan sebagai After Sun

Terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan kulit, termasuk iritasi sekaligus kemerahan. Cuka apel dikenal sejak lama sebagai pengobatan alami untuk kulit terbakar. Sifat astringent pada cuka apel membantu menenangkan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, cuka apel juga menenangkan kulit akibat iritasi, gatal dan peradangan.

Cara Pakai: Campurkan ½ cangkir cuka apel dan empat cangkir air. Gunakan kapas atau kain lembut untuk mengaplikasikan larutan ini ke area kulit yang terbakar untuk menenangkan rasa sakit dan rasa terbakar. Ulangi beberapa kali dalam sehari selama beberapa hari hingga kondisi kulit membaik.