3 Tanaman untuk Kecantikan yang Akan Membantu Anda Makin Cemerlang
Ilustrasi (Cecilia/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Alam telah memberikan manusia beberapa tanaman menakjubkan yang memiliki khasiat luar biasa yang bermanfaat bagi kulit dan rambut kita. Sementara kita gencar untuk menemukan produk dan perawatan yang sempurna untuk masalah kecantikan, berkah dari alam kerap kali kita lewatkan.

Faktanya, banyak tanaman yang berkhasiat untuk kecantikan tetapi belum tereksplorasi manfaatnya. Tanaman ini dapat digunakan dalam berbagai bentuk, mulai bubuk, pasta, hingga minyak, untuk membuat pengobatan rumahan yang efektif untuk mengatasi banyak masalah kecantikan kita sehari-hari.

Dikutip dari Boldsky, Rabu, 23 Juni, berikut empat tanaman tersebut dengan manfaatnya untuk kecantikan yang luar biasa dan bagaimana Anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan manfaat tersebut. Catat, yuk.

Tea tree untuk acne

Acne adalah kondisi kulit umum yang menyerang banyak orang di seluruh dunia. Sekarang kita semua tahu bakteri dan pori-pori yang tersumbat adalah dua penyebab utama di balik jerawat. Minyak pohon teh atau tea tree oil adalah sumber yang kaya akan sifat antibakteri, antimikroba, dan anti-inflamasi yang membantu membersihkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Untuk alasan ini, minyak pohon teh diterima secara luas sebagai obat yang efektif untuk jerawat.

Cara menggunakannya:

Campurkan 2 tetes minyak pohon teh dengan 12 tetes minyak kelapa atau minyak almond. Oleskan ramuan tersebut pada area yang terkena. Biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas.

Aloe vera untuk kulit terbakar

Aloe vera benar-benar merupakan tanaman serba guna untuk semua manfaat kecantikan yang diberikannya. Dari jerawat hingga noda dan sengatan matahari, lidah buaya bisa melakukan semuanya.

Jika Anda berjuang melawan sengatan matahari yang parah, lidah buaya dengan khasiat anti-inflamasi, menenangkan dan penyembuhan luka akan membantu Anda.

Cara menggunakannya:

Oleskan gel lidah buaya segar pada area yang terbakar matahari dan pijat lembut ke kulit. Untuk bantuan lebih lanjut, Anda bisa menyimpan gel di lemari es selama beberapa menit sebelum diaplikasikan.

Neem untuk ketombe

Neem adalah tanaman obat yang digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati banyak masalah kecantikan kita. Ketombe adalah masalah kulit kepala yang disebabkan oleh infestasi bakteri dan penumpukan bahan kimia. Neem memiliki sifat antibakteri yang bekerja seperti jimat untuk menjaga kulit kepala tetap bersih dan tidak berketombe.

Cara menggunakannya:

Giling segenggam daun neem dengan sedikit air untuk membuat pasta. Tambahkan pasta ini ke semangkuk susu dan aduk rata. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala. Tunggu selama 15-20 menit sebelum mencucinya.

Artikel ini telah tayang dengan judul 4 Tanaman yang Punya Khasiat Untuk Kecantikan.

Selain terkait tanaman untuk kecantikan, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.