Mengapa Orang Mudah Percaya Hoaks? Begini Penjelasan Psikiater
Ilustrasi Hoaks (Pixabay)

Bagikan:

SURABAYA – Berita bohong dan informasi tidak benar seperti hoaks dan disinformasi banyak tersebar di media sosial. Rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia membuat orang mudah mempercayai hoaks, atau bahkan terlibat membuat dan menyebarkannya.

Menurut psikiater Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dr. Gina Anindyajati, Sp.KJ, terdapat setidaknya tiga faktor yang mempengaruhi seseorang mudah percaya terhadap berita bohong dan hoaks, jika ditilik dari sisi psikologis.

"Faktor pertama adalah kecenderungan untuk menyangkal apa yang sedang terjadi, sehingga individu yang bersangkutan akan mempercayai apapun yang kontra/berlawanan dengan fakta yang ada," kata dr. Gina dikutip dari ANTARA.

"Ketika terjadi hal yang membuat seseorang kehilangan (sesuatu yang berharga, termasuk kesempatan dan kebebasan), maka orang akan cenderung menyangkal. Apalagi kalau hal tersebut membuat seseorang harus berubah dan keluar dari zona nyamannya," imbuhnya.

Hoaks Sering Diyakini Benar

Lebih lanjut, faktor kedua berkaitan dengan kecenderungan psikologis untuk percaya terhadap teori konspirasi. Lalu, faktor ketiga yang membuat orang mudah percaya dengan berita palsu/hoaks adalah keterikatan secara ideologis maupun politik terhadap penyebar hoaks (se-aliran).

"Orang cenderung semangat menyebarkan suatu berita palsu karena mereka yakin bahwa berita tersebut adalah benar; sekitar 30 persen yakin yang mereka teruskan itu benar. Selain itu juga karena orang menganggap berita palsu tersebut memiliki bagian yang sama dengan dirinya (identitas politik atau kepercayaan lainnya) sehingga 'merasa perlu' untuk menyebarkan," jelas dr. Gina.

Ia menambahkan bahwa orang yang menyebar berita palsu juga memiliki dorongan emosional dan bermaksud membuat orang lain merasakan efek emosional seperti yang ia alami saat membaca tajuk judul berita palsu.

Faktor ketiga, malas mencari kebenaran sebuah berita. Ketika disinggung soal pengecekan fakta sebelum menyebarkan sebuah informasi, dr.Gina mengatakan bahwa orang cenderung menolak untuk melakukan pengecekan fakta karena secara kognitif manusia itu pemalas, sehingga tidak memberikan perhatian penuh pada berita yang dibaca.

"Otak manusia menghemat energi untuk tugas-tugas penting, sehingga tidak semua informasi akan di-kroscek untuk memastikan kesahihannya. Apalagi kalau berita palsu ini ternyata disampaikan oleh pihak yang kredibel, disebarkan secara luas, maka otak manusia secara otomatis menganggapnya sebagai 'benar'," ujarnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul 3 Hal yang Membuat Orang Lebih Mudah Percaya Hoaks.

Selain terkait hoaks, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.