5 Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Suede Agar Tak Mudah Luntur dan Tetap Modis saat Dipakai
Ilustrasi sepatu bahan suede (Unsplash/ Maxwell Nelson)

Bagikan:

SURABAYA – Cara membersihkan sepatu berbahan suede kerap dibingungkan oleh penggunanya. Hal itu yang membuat sepatu tersebut tak mudah perawatannya, di satu sisi material tersebut sangat lekat dengan gaya hidup anak muda.

Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Suede

Suede sendiri adalah bagian bawah kulit hewan, teksturnya lembut dan lentur. Biasanya, bahan suede dipakai untuk sepatu formal, seperti sepatu boots. Tetapi saat ini ada juga sepatu kasual atau sneakers yang berbahan suede.

Bahkan tas serta jaket juga ada yang memakai bahan ini. Agar enggak mudah kusam, merawatnya jadi tantangan. Sebab debu, waktu, dan air hujan bisa bikin outfit dengan bahan ini jadi musuh utama. Maka, berikut caranya agar tak mudah pudar.

Ganti sikat dengan nail buffer

Kalau membersihkan sepatu, tas, dan jaket berbahan kulit menggunakan sikat berbulu lembut, tetapi untuk outfit berbahan suede disarankan dibersihkan dengan nail buffer.

Spray dengan pelindung sepatu

Sebelum memakainya, agar tetap lembab dan lembut perlu disemprot dengan pelindung sepatu. Cairan pelindung ini bisa dibeli di toko reparasi sepatu. Semprotkan tipis saja setiap kali memakai outfit berbahan suede. Setelah itu bisa lebih aman dikenakan.

Noda bisa dibersihkan dengan cuka putih

Ketika terpapar noda, sepatu berbahan suede bisa dibersihkan dengan dua cara. Pertama, jika noda ringan bisa dibersihkan dengan disikat pakai penghapus noda.

Cara kedua, apabila noda lebih berat bisa dibersihkan dengan cuka putih dituang ke handuk lembut. Lalu usap lembut beberapa kali supaya bersih kembali.

Bersihkan dengan bedak tabur atau tepung jagung

Apabila sepatu, tas, atau jaket suede terkena cairan yang susah dibersihkan, bisa diatasi dengan bedak tabur atau tepung jagung. Pertama, seka dulu dengan handuk lembut atau sikat gigi yang bersih. Kemudian, bubuhkan tepung jagung atau bedak tabur di atas sepatu yang ternoda.

Diamkan semalaman dan terakhir bersihkan dengan sikat gigi keesokan harinya.

Hindari bersihkan dengan air

Apapun yang menempel di outfit berbahan suede, hindari membersihkannya dengan air. Sebab air bisa membuat tekstur dan warnanya memudar. Nah, jika langkah-langkah di atas tidak membuat noda yang menempel hilang maka bawa ke pembersih sepatu profesional.

Artikel ini telah tayang dengan judul Supaya Tak Mudah Pudar, Begini 5 Cara Membersihkan Sepatu Berbahan Suede.

Selain terkait cara membersihkan sepatu berbahan suede, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.