Cara Merawat Tanaman Lili Paris Agar Keindahannya Terjaga
Ilustrasi (Susan Wilkinson/Unsplash)

Bagikan:

SURABAYA – Secantik namanya, Lili Paris atau spider plant bisa jadi salah satu koleksi tanaman hias yang menarik. Walaupun bentuknya termasuk sederhana, tanaman Lili Paris banyak dijadikan sebagai hobi. Ini karena tanaman tersebut terkenal tahan lama dan anti rewel. Selain itu, cara merawat tanaman Lili Paris juga tidak susah, lho.

Cara Merawat Tanaman Lili Paris

Frekuensi penyiraman Lili Paris harus cukup rutin sewaktu awal masa pertumbuhan. Setelah budidaya berhasil dan pertumbuhan stabil, cukup disiram sesekali saja. Jika cuaca terik, utamakan bagian tanah yang lembab agar tidak mengganggu kondisi tanaman Lili Paris.

Jika ditempatkan di dalam ruangan, pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas atau maksimal 27 Celcius. Usahakan juga pemupukan dua kali dalam sebulan. 

Selain itu, Anda juga harus menyadari beberapa masalah saat mengembangbiakkan Lili Paris. Problem utama dalam merawat tanaman ini adalah ujung daun yang rusak. Hal ini bisa terjadi karena tanah yang kering, kurang lembab, atau akibat mineral dari air siraman. 

Untuk segera menghindari penyebaran kerusakan daun, cukup bersihkan bagian daun yang berwarna kecokelatan dengan ujung kuku atau gunting kecil.  Sementara itu, untuk hama penyakit, tanaman Lili Paris tergolong cukup jarang bermasalah sepanjang perawatan tanah dan kondisi pot tetap bersih. 

Tips terakhir yang perlu Anda ingat adalah jika Anda memelihara kucing di rumah, perlu diketahui kalau hewan ini sering sangat tertarik pada tanaman Lili Paris. Bukan hanya helai daun yang menarik perhatiannya, tetapi juga aroma yang konon hanya bisa dirasakan oleh kucing. 

Jika memiliki kucing di rumah, pastikan tanaman Lili Paris jauh dari jangkauannya. Gunakan metode pot gantung dan pastikan tidak ada akses ke area tersebut. Selain itu, pastikan juga juntaiannya tidak terlalu panjang hingga bisa dicapai oleh hewan peliharaan kesayangan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Punya Tanaman Lili Paris di Rumah? Begini Cara Merawatnya.

Selain terkait cara merawat tanaman Lili Paris, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.