Perhatikan Waktu Terbaik untuk Hamil Pasca Keguguran Agar Ibu dan Janin Tetap Sehat
Ilustrasi hamil setelah keguguran (Unsplash/John Looy)

Bagikan:

SURABAYA – Setelah mengalami keguguran, seorang ibu membutukan waktu yang tepat untuk merencanakan program kehamilan lagi. Faktor yang perlu dipertimbangkan adalah kesehatan, baik kesehatan reproduksi, fisik, dan mental. Artinya, waktu terbaik untuk hamil pasca keguguran harus diperhatikan.

Menurut WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dilansir Hello Sehat, Senin, 23 Agustus, setidaknya pasca kuret atau keguguran direkomendasikan berjarak 6 – 18 bulan. Rekomendasi lain juga diutarakan dalam American Pregnancy Association.

Waktu Terbaik untuk Hamil Pasca Keguguran dengan Mempertimbangkan Keamanan

Setidaknya, pasca ibu hamil keguguran menunggu setidaknya setelah 2 – 3 siklus menstruasi. Pertimbangannya adalah keamanan untuk organ reproduksi dan persiapan setelah kuret. Bahkan keguguran tanpa kuret pun butuh menunggu dan menjalani pemulihan setidaknya 2 – 3 bulan.

Tubuh butuh menyiapkan kondisi rahim dan kembali menguatkan lapisan endometrium. Pada intinya, setiap wanita memiliki kondisi rahim dan tubuh yang berbeda-beda. Maka dari itu yang menjadi ukuran adalah waktu pemulihan rahim.

Semakin baik kondisi tubuh dan pemulihan terjadi cepat, maka bisa berkonsultasi pada dokter ahli kandungan ketika ingin program kehamilan. Berbeda kondisi jika menjalani prosedur caesar. Biasanya dokter menyarankan untuk menuda waktu kehamilan hingga keadaan rahim kembali normal.

Bima Suryantara, Sp.OG (K) dari Jogja International Hospital (JIH), dilansir Kompas, menjelaskan bahwa apabila kurang dari 3 bulan maka dikhawatirkan penyembuhan rahim belum sempurna.

Menurut penjelasannya, hamil ketika rahim belum sempurna setelah keguguran, risiko mengalami keguguran lagi bisa meningkat.

Kondisi mental sang ibu juga perlu dipertimbangkan, pesan Bima. Jangan sampai ibu mengalami depresi karena tak didampingi keluarga.

Bima juga menjelaskan bahwa pada kondisi tertentu, wanita perlu menunda kehamilan. Seperti ketika punya riwayat kehamilan anggur. Saat mengalaminya, disarankan untuk menunggu minimal menunda 1 tahun untuk bisa hamil lagi setelah keguguran.

Disamping berkonsultasi pada dokter dan mengikuti saran terbaik ahli, wanita setelah keguguran juga perlu menjaga pola hidup sehat untuk membantu mempercepat pemulihan.

Seperti dengan menjaga pola makan mengandung gizi seimbang, rutin berolahraga, menghitung siklus masa subur, jaga berat badan tetap ideal, dan mengelola stres.

Artikel ini telah tayang dengan judul Waktu Terbaik untuk Hamil setelah Keguguran, Kapan? Ketahui Faktanya.

Selain terkait waktu terbaik untuk hamil pasca keguguran, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.