5 Jenis Rumput Hias yang Akan Membuat Halaman Rumah Indah dan Hijau
Ilustrasi (Mas Vakhtbovych/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA – Punya lahan kosong di depan rumah dan tertarik untuk membuat taman mini yang asri? Anda bisa memulainya hobi tanaman dengan menanam rumput hias. Ada banyak jenis rumput hias yang cocok untuk membuat halaman rumah jadi lebih estetik. Pun, rumput-rumput ini tergolong mudah tumbuh dan tidak susah perawatannya. Penasaran apa saja? Berikut ini lima jenis rumputnya.

Rumput gajah mini

Persis namanya, rumput ini berukuran sangat kecil. Ini merupakan jenis rumput yang paling sering dipilih oleh para desainer interior sebab ukurannya pas ditanam di berbagai desain taman rumah, khususnya di rumah minimalis. Banyak yang menjadikan jenis rumput gajah mini sebagai jenis rumput favorit karena tidak membutuhkan banyak perawatan, tahan cuaca, dan harganya yang terjangkau.

Rumput gajah mini varigata

Jenis rumput ini disebut juga rumput gajah mini putih. Jika dilihat dari ukurannya, jenis rumput gajah varigata memiliki ukuran yang sama dengan rumput gajah mini biasa, hanya saja terdapat garis-garis putih pada jenis rumput gajah varigata ini. Rumput ini sedikit lebih mahal dari rumput gajah mini sebab bentuknya lebih unik.

Rumput manila

Rumput manila merupakan jenis rumput yang bisa Anda temui di lapangan sepakbola. Rumput ini punya kualitas tinggi dengan karakteristik tahan terhadap pijakan kaki manusia, berwarna hijau pekat, dan sangat elastis. Jika Anda memiliki budget lebih, rumput manila bisa dijadikan pilihan mempercantik halaman.

Rumput jepang

Hampir sama tekstur dan rupanya dengan jenis rumput manila, jenis rumput jepang merupakan jenis rumput pilihan yang sering digunakan di halaman rumah. Bentuknya yang meruncing dan tipis menjadikan jenis rumput jepang tampil lebih rata, rapat, dan halus.

Jika Anda berniat membuat taman sebagai tempat bersantai, rasanya rumput ini kurang tepat sebab bentuknya yang runcing bisa menimbulkan sensasi seperti ditusuk saat duduk atau dipijak.

Rumput swiss

Sebagai jenis rumput yang paling halus, jenis rumput swiss tampil sangat memesona dan rapi. Tidak heran jika jenis rumput swiss tergolong jenis rumput yang mahal karena rupanya yang indah. 

Perawatan ekstra sangat dibutuhkan jika Anda menanam rumput ini. Pemberian pupuk urea serta penyiraman harus dilakukan secara rutin untuk menghindari tumbuhnya rumput liar yang dapat mengancam pertumbuhan rumput swiss.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Jenis Rumput Hias yang Bikin Tampilan Halaman Rumah Jadi Lebih Asri.

Selain terkait jenis rumput hias, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.