Manfaat Zinc untuk Tubuh: Bantu Sembuhkan Luka hingga Halau Virus Berbahaya
Ilustrasi khasiat zinc untuk tubuh (Unsplash/am JD)

Bagikan:

SURABAYA – Tubuh manusia membutuhkan berbagai macam mineral, salah satunya adalah zinc. Mineral ini punya fungsi yang cukup vital untuk kesehatan tubuh. Bahkan, tiap hari tubuh membutuhkan mineral zinc. Oleh karena itu makanan atau suplemen yang mengandung zinc sangat baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat zinc untuk tubuh?

Manfaat Zinc untuk Tubuh

Dilansir WebMD, Selasa, 5 Oktober, zinc bisa didapat dari makanan mulai dari daging merah, unggas, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, dan produk susu. Makanan jadi sumber zinc paling aman dibanding suplemen pabrik.

Zinc untuk Percepat Penyembuhan Luka

Zinc diperlukan tubuh untuk memelihara, menjaga, dan merangsang pertumbuhan secara tepat. Dalam beberapa sistem serta reaksi biologis ditemukan manfaat zinc. Untuk memperkokoh kekebalan tubuh, zinc juga cukup andal. Zinc juga berkhasiat menyembuhkan luka, mengatasi pembekuan darah, dan mengoptimalkan fungsi tiroid.

Tubuh yang kekurangan zinc akan mengalami sejumlah gejala. Gejala tersebut antara lain metabolisme melambat, kadar insulin rendah, kehilangan nafsu makan, lekas marah, rambut rontok, kulit kasar dan kering, indera penciuman dan perasa buruk, diare, hingga mual.

Zinc untuk Menghalau Virus

Meskipun gejala tidak berefek besar, tetapi apabila tidak segera dipenuhi kebutuhan zinc tubuh, tubuh jadi mudah terinfeksi virus maupun bakteri. Ini yang berbahaya, artinya perlu memastikan kecukupan nutrisi terutama zinc setiap harinya.

Beberapa virus yang bisa dihalau oleh zat mineral zinc antara lain gejala flu biasa, herpes, dan HIV. Bagi pria, kadar zinc rendah dalam tubuh juga memengaruhi kesuburan. Kurang zinc dalam tubuh juga menandai seseorang mengalami diabetes tipe 2.

Zinc untuk Mengatasi Jerawat

Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa orang yang sering berjerawat memiliki kadar zinc rendah dalam darah. Minum suplemen zinc sedikit akan membantu atasi jerawat.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa penurunan fungsi penglihatan karena usia dapat diminimalisir dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc. Selain zinc, tambahkan makanan yang mengandung antioksidan untuk mencegah melemahnya fungsi indra penglihatan.

Dosis yang aman dikonsumsi oleh pria usia 14 tahun ke atas sebanyak 11 miligram. Untuk wanita dengan rentang usia 14 tahun dan setelahnya membutuhkan 8 miligram. Wanita hamil bisa membutuhkan zinc hingga 13 miligram per hari.

Artikel ini telah tayang dengan judul Khasiat Zinc untuk Tubuh, Mulai dari Menghalau Virus hingga Mengatasi Jerawat.

Selain terkait manfaat zinc untuk tubuh, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.