5 Manfaat Vitamin B1 untuk Tanaman Hias Lengkap dengan Cara Pakainya
Ilustrasi manfaat vitamin B1 untuk tanaman (Unsplash/Severin Candrian)

Bagikan:

SURABAYA – Tidak hanya manusia, vitamin B1 juga dibutuhkan oleh tanaman hias. Hanya saja vitamin yang dibutuhkan tentu tidak sama persis. Bagi Anda yang hobi tanaman, vitamin B1 khusus tanaman dikenal dengan nama tiamin yang membantu proses pertumbuhan dan fotosintesis pada tanaman. Lalu, apa saja manfaat vitamin b1 untuk tanaman?

Manfaat vitamin B1 untuk Tanaman

Dilansir laman Kementerian Pertanian, Cybext, Selasa, 5 Oktober, ada beberapa mafaat vitamin B1 untuk tanaman yakni sebagai berikut.

1. Mengurangi sekaligus mencegah stres pada tanaman

Untuk mengatasi masalah tanaman stres, Anda bisa memberikan vitamin B1 terutama ketika repotting, perpindahan, maupun perubahan suhu.

2. Meningkatkan adaptasi dengan lingkungan yang baru

Pindah dari satu tempat ke tempat lain membutuhkan proses adaptasi bagi tanaman. Agar tidak menguning dan layu atau memperlihatkan tanda-tanda stres, berikan vitamin B1 sebagai nutrisi yang membantu proses adaptasi tanaman.

3. Menjaga tanaman tetap segar

Banyak faktor yang memengaruhi suburnya tanaman. Kadang kurang satu jenis unsur hara baik makro maupun mikro bisa membuat tanaman tidak terlihat segar. Solusinya, berikan vitamin B1 agar tumbuh tunas baru, segar, dan sehat.

4. Mempercepat proses pertumbuhan akar dan jaringan baru

Seperti halnya jika dikonsumsi oleh manusia, pada tanaman vitamin B1 bermanfaat menjaga metabolisme dan mempercepat proses pertumbuhan akar serta jaringan baru pada tumbuhan.

5. Merangsang proses pembungaan

Buat Anda yang merawat tanaman bunga, seperti anggrek, bisa memberikan vitamin B1 secara rutin. Sebab vitamin ini berkhasiat merangsang dan mempercepat proses pembungaan.

Sedangkan untuk tanaman aglonema, vitamin B1 juga bisa dimanfaatkan untuk mengkilapkan daunnya. Daun aglonema yang mengkilap merupakan efek dari tumbuh suburnya tanaman.

Setelah mengetahui khasiat vitamin B1 untuk tanaman, Anda bisa mengikuti panduan penggunaan. Berikut cara memberikannya pada tanaman.

Cara penggunaan vitamin B1 untuk tanaman

Untuk memberikan vitamin B1, ada cara yang harus dilakukan. Cara yang diterapkan harus benar agar tanaman mampu menyerap vitamin dengan baik. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

1. Pilih jenisnya

Jenis vitamin B1 dikategorikan menjadi 1, yaitu alami dan sintetis. Untuk yang alami, Anda bisa mendapatkannya dari cucian air beras.

2. Diberikan dengan disemprot dan disiram

Untuk vitamin B1 jenis sintetis, perlu dicampurkan air sebanyak 5 liter untuk vitamin 1 mililiter. Skala perbandingannya 1:500 dan disemprotkan setiap 2 minggu sekali. Apabila disemprotkan lebih sering, perbanyak jumlah airnya agar tetap efektif.

Air cucian beras juga bisa disiramkan setiap seminggu sekali. Disamping menyiramkan air perasan beras, jangan lupa untuk memastikan drainase pot tetap baik.

Ingin mencoba memberikn vitamin B1 untuk tanaman kesayangan Anda di rumah?

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Manfaat Vitamin B1 untuk Tanaman Aglonema dan Bunga Anggrek.

Selain terkait manfaat vitamin B1 untuk tanaman, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.