Jangan Terjebak Mitos! Ketahui 4 Manfaat Buah Durian bagi Ibu Hamil
Ilustrasi Buah Durian (Hong Son/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Makanan untuk ibu hamil memang harus dijaga dan diperhatikan. Meski begitu, ada banyak mitos yang membentukan makanan dengan kondisi kehamilan salah satunya adalah durian. Padahal ada manfaat buah durian bagi ibu hamil.

Ada anggapan yang mengatakan bahwa ibu hamil dilarang makan durian yang mampu menyebabkan janin kepanasan, pendarahan, cacat lahir, bahkan kematian. Padahal belum ada penelitian yang mengatakan bahwa konsumsi durian untuk kehamilan itu berbahaya.

Mendapat Manfaat Buah Durian bagi Ibu Hamil

Ibu hamil bisa makan durian asal dengan porsi wajar dengan intensitas yang tak sering. Durian juga punya beberapa nutrisi penting untuk ibu hamil. Melansir dari HerStory, Senin, 18 Oktober, berikut manfaat konsumsi buah durian bagi ibu hamil.

Menambah stamina

Rasa lemas memang kerap melanda ibu hamil. Untuk mengatasinya, Anda bisa konsumsi durian sebab buah ini mengandung karbohidrat, gula, dan kalori yang dapat meningkatkan energi.

Menjaga kadar gula darah

Memiliki kandungan serat, lemak, kalium, dan antioksidan tinggi, buah durian bisa menjaga indeks glikemik tubuh agar tetap normal.

Melindungi otak dan tulang belakang janin

Asam folat merupakan nutrisi penting bagi janin dan ibu hamil. Selain kaya serat, lemak, kalium, dan antioksidan, asam folat juga terkandung dalam buah durian. Kandungan folat pada durian bermanfaat bagi perkembangan janin seperti melindungi otak dan tulang belakang, menunjang pembentukan saraf, serta mencegah cacat lahir. 

Mencegah kolesterol tinggi

Orang kerap berpikir kalau durian menjadi penyebab naiknya kolesterol dalam tubuh. Padalah, kolesterol berasal dari lemak hewani, bukan nabati. Justru kandungan serat pada durian dapat menjaga kadar kolesterol dan menghindari sembelit.