Catat! 10 Jenis Garis Leher Blus Wanita yang Masih Sering Dibingungkan
Ilustrasi jenis neckline blus wanita (Pexels/Liza Summer)

Bagikan:

SURABAYA - Fashion wanita memang cukup variatif. Ada banyak yang yang sering dibingungkan oleh masyarakat saat bersinggungan dengan pakaian wanita, salah satunya adalah garis leher atau dikenal dengan neckline. Dalam dunia fashion ada berbagai jenis garis leher blus wanita, mulai dari yang mengesankan kasual hingga outstanding seperti seorang ratu.

Jenis atasan wanita juga sangat banyak. Yang membedakan jenis atasan adalah bahan serta style. Gaya pada desain juga menentukan yang mana blus dan yang mana t-shirt. Mengingat banyaknya variasi, berikut referensi neckline atau garis leher pada salah satu jenis atasan wanita yang dikenal dengan blus.

1. Straight neckline

Potongan neckline atau garis leher lurus dari satu bahu melintasi dada ke bahu lainnya biasa didesain untuk atasan wanita yang dipakai bersantai ataupun piknik ke pantai. Beberapa desainer menyertakan tali transparan untuk menahan atasan tetapi tak terlihat.

2. Sweetheart neckline

Bentuk potongan garis leher seperti hati, makanya disebut dengan sweetheart. Tujuan desain ini untuk menyesuaikan cakupan payudara. Bagi Anda yang ingin terlihat seksi, jenis atasan dengan potongan leher seperti ini bisa dipilih.

3. V-neck

Terdapat berbagai variasi dari para desainer yang memakai neckline V. Mulai dari melintas leher yang sudutnya lancip seperti huruf ‘V’ hingga ada juga variasi yang meluncur hingga atas pusar.

Garis leher V acap dipilih untuk mengesankan ramping. Bila Anda menginginkan ilusi visual untuk penampilan ramping, cobalah pakai blus dengan V-neck.

4. The scoop neckline

Dilansir laman Thread Curve, Senin, 18 Oktober, jenis blus wanita dengan neckline berbentuk seperti sendok atau disebut dengan the scoop populer selama beberapa dekade. Bahkan hingga saat ini atasan jenis ini kerap dipakai sebagai dalaman blazer.

Atasan dengan garis leher membentuk huruf ‘U’ ini biasanya berakhir di atas payudara. Bagian belakang akan menutupi seluruh tulang selangka sehingga cocok dipakai untuk penampilan kasual.

5. Jewel neck

Garis leher jewel atau permata, pada umumnya dipadukan dengan atasan atau setelah peplum. Garisnya bagian leher meluas melewati payudara untuk menutupi seluruh area hingga tulang selangka. Nah, disebut jewel neck karena pada bagian leher bisa mengenakan kalung sehingga terlihat berkelas.

Variasi lainnya dari atasan wanita dengan jewel neck pada sleeveless atau atasan tak berlengan yang efeknya fokus garisnya kea rah dagu dan wajah daripada bahu dan garis tengah payudara.

6. Off shoulder

Untuk terusan maupun atasan dengan garis leher off shoulder memiliki garis jahitan yang menutupi area tepat di bawah bahu. Dua tali kecil menyatu dengan blus atau gaun menciptakan kesan feminin dan cantik.

7. Turtleneck

Jenis blus wanita dengan garis leher tinggi atau populer disebut turtleneck cocok dipakai sepanjang musim. Tinggal dibuat dari bahan apa, ketika musim kemarau bisa memakai atasan neckline tinggi berbahan tipis. Sebaliknya saat suhu sedang dingin-dinginnya, bisa memakai bahan tebal supaya menghangatkan.

8. Queen Anne

Garis leher ini memakai nama Ratu Anne Inggris. Dipakai untuk gaun maupun blus formal yang merupakan kombinasi dari V-neck dan sweetheart neck. Sudutnya pada leher sekilas membentuk bangun segi lima.

9. Square neckline

Bagi Anda yang menyukai pakaian berbahan sutra dan dipakai untuk acara formal, neckline persegi bisa jadi pilihan. Supaya tidak melorot bagian bahu, karena bahan kain baiknya memakai yang lentur, biasanya dilengkapi dengan tali kecil.

10. Sabrina

Garis leher sabrina atau sabrina neckline merupakan pakaian ikonik yang dipakai oleh Audrey Hepburn. Garis leher yang menghubungkan ujung bahu satu dengan lainnya memberikan efek sempurna untuk berbagai jenis pakaian wanita. Baik blus formal hingga kaos kasual tetapi tetap memancarkan aura feminin.

Dari referensi garis leher pada blus wanita di atas, mana yang paling cocok untuk postur tubuh serta bentuk wajah Anda?