Ada 5 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Tanah, Cocok Ditanam di Pekarangan kecil
Ilustrasi Tanaman Hias (Miguel Marmolejos Fernandes/Pexels)

Bagikan:

SURABAYA - Hobi tanaman adalah hal yang menyenangkan. Anda bisa menanam tanaman hias di pekarangan rumah Anda. Tak perlu khawatir dengan pekarangan kecil, Anda bisa mengisinya dengan tanaman hias yang bisa tumbuh tanpa tanah.

Ada beberapa tanaman yang bisa Anda pilih, sesuai dengan selera. Berikut VOI rangkumkan untuk Anda, melansir Popbela, Jumat, 29 Oktober.

Lidah buaya

Tidak hanya punya segudang manfaat, lidah buaya juga bisa ditanam di media selain tanah. Lidah buaya tetap dapat tumbuh optimal di media tanam campuran kerikil dengan air. Cocok diletakan dalam pot sebagai hiasan dalam ruangan.

Anggrek

Siapa tak kenal dengan Anggrek. Tanaman cantik satu ini memang cocok diletakan dalam ruangan. Selain estetik, tanaman bunga anggrek juga tidak akan mengotori ruangan karena media tanamnya bisa bukan berupa tanah. 

Anda bisa menggunakan pecahan batu bata, arang, serutan kayu dan genteng sebagai media tanamnya. Saat menyiram, gunakan semprotan sehingga air tidak berlebihan membasahi tanaman ini.

Kaktus

Tanaman berduri ini banyak diminati akhir-akhir ini. Berasal dari daerah yang kering dan tandus, membuat kaktus mudah ditanam di media apapun. Anda bisa menggunakan pasir atau kerikil sebagai media tanam kaktus. Menggunakan dua media tanam ini, membuat kaktus cocok diletakan di dalam ruangan karena lebih bersih.

Bromeliad

Seperti tillandsia, bromeliad juga tidak memerlukan tanah atau media tanam lainnya untuk tumbuh optimal. Berasal dari kawasan tropis, bromeliad membutuhkan sinar matahari yang cukup dan tetap dapat berkembang dengan baik di tempat yang teduh. Sesekali beri air agar tanaman ini tidak kering.

Sri rejeki

Sri rejeki atau aglaonema menjadi favorit pencinta tanaman hias karena mudah dalam perawatannya. Tanaman ini dapat tumbuh subur di mana pun, termasuk jika hanya menggunakan media tanam air.

Anda bisa meletakannya di dalam botol dan pastikan semua akarnya terendam air. Jangan lupa untuk mengganti airnya dua minggu sekali untuk menghilangkan jentik nyamuk dan membersihkan lumut yang menempel pada botol.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Jenis Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh Tanpa Media Tanah.

Selain terkait, dapatkan informasi dan berita nasional maupun internasional lainnya melalui VOI.