Tips Penggunaan Makeup Agar Tak Mudah Luntur Saat Kehujanan
Ilustrasi (Emma Bauso/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Menggunakan riasan wajah saat cuaca sedang panas jadi hal menyenangkan sebab para wanita tak perlu takut makeup akan luntur. Namun, hal ini bisa berbanding terbalik saat musim hujan tiba. Riasan wajah untuk mempercantik penampilan, bisa dengan mudah luntur terkena percikan air hujan.

Lalu, apa sebaiknya wanita tidak menggunakan riasan wajah saat ingin keluar di musim penghujan? Tentu saja tidak. Wanita tetap bisa bersolek, kok. Hanya saja, pemilihan alat makeup harus tepat agar riasan yang sudah dilakukan berjam-jam tidak mudah terhapus apabila terkena air hujan. 

Ingin tahu lebih lanjut, berikut VOI bagikan tips penggunaan makeup agar tidak mudah luntur saat kehujanan.

Cream blush

Jika Anda sering menggunakan powder blush sebagai perona pipi, saat musim hujan cobalah ganti dengan cream blush. Perona pipi jenis krim digadang-gadang lebih awet dibandingkan yang terbuat dari bubuk. Cukup poles sedikit cream blush di kedua pipi dan Anda akan terlihat merona seharian.

Waterproof foundation

Bagi Anda yang akan menghadiri acara dengan durasi lama, mobilitas tinggi, atau akan berinteraksi dengan air, sebaiknya gunakan waterproof foundation untuk menjaga riasan tetap awet. Pemilihan alas bedak tahan air membantu supaya makeup tidak pecah-pecah akibat keringat dan air. Anda pun tidak perlu sering melakukan touch up di tengah acara.

Waterproof mascara

Maskara merupakan makeup wanita yang jika luntur, dapat meninggalkan bekas hitam di sekitar mata. Jika Anda tidak ingin maskara luntur, gunakanlah maskara yang tahan air agar bulu mata tetap lentik.

Lipstik berkualitas baik

Meski paling mudah di retouch, tapi apa salahnya jika Anda coba menggunakan lipstik berkualitas baik yang tidak mudah luntur meski terkena air atau makan makanan berminyak. Dengan begitu, Anda bisa lebih menghemat penggunaan lipstik, kan.

Primer

Salah satu makeup yang harus digunakan ketika hari hujan adalah primer atau face primer. Biasanya face primer digunakan untuk meratakan warna kulit sebelum memakai foundation. Penggunaan face primer akan lebih aman dan membuat riasan wajah Anda tahan lama meski hujan. Face primer juga dapat membantu foundation tetap melekat pada wajah dan tidak mudah luntur.