5 Penyebab Ban Motor Benjol yang Jarang Disadari Pengendara
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernahkah motor Anda seperti bergoyang atau tidak stabil ketika dikendarai? Kondisi tersebut bisa jadi karena ban motor benjol. Ban motor yang tidak rata tentunya mengganggu kenyamanan berkendara. Pemilik kendaraan perlu tahu penyebab ban motor benjol untuk mengantisipasinya. 

Ban motor merupakan komponen yang berperan penting dalam kenyamanan berkendara. Oleh karena itu, Anda harus selalu memperhatikan kondisi ban motor. Salah satu masalah yang kerap ditemukan pada kendaraan roda dua adalah ban motor benjol. 

Seringkali pengendara tidak menyadari ban motornya tiba-tiba benjol. Supaya Anda tidak bingung, maka pahami penyebab ban motor benjol agar tidak terjadi pada kendaraan Anda. 

Penyebab Ban Motor Benjol

Ban motor benjol tidak hanya mengganggu kenyaman berkendara, namun juga bisa membahayakan keselamatan atau risiko kecelakaan. Ban motor yang benjol tidak bisa diperbaiki, kecuali dengan mengganti yang baru. Tentu saja Anda tidak ingin kondisi itu terjadi karena akan menguras kantong Anda. 

Ban motor benjol bisa dilihat dari adanya permukaan ban yang menggelembung atau menonjol di satu titik. Benjolan pada ban motor terjadi karena putusnya kawat atau benang yang menjadi bahan pembuatan dinding ban luar. Kondisi ini akan membuat udara dari dalam ban menekan bagian yang putus tersebut, sehingga menimbulkan benjolan. 

Berikut ini beberapa penyebab ban motor benjol yang perlu Anda tahu:

Benturan di Lubang Jalanan

Penyebab paling umum dari ban motor benjol adalah karena benturan di lubang jalanan. Ketika motor tidak sengaja melewati lubang dan bannya menghantam permukaan yang keras, maka dapat membuat ban motor benjol. 

Ban motor yang menghantam lubang jalan dengan keras dan kecepatan tinggi akan membuat benang ban menjadi putus. Selain itu, hantaman keras tersebut juga bisa menyebabkan pelek rusak atau tidak rata. 

Tekanan Ban yang Kurang

Faktor lainnya yang bisa menyebabkan ban motor benjol adalah tekanan ban yang kurang. Kesalahan dalam menentukan tekanan ban bisa berisiko membuat dinding ban tidak kuat menahan beban. 

Saat tekanan ban terlalu rendah, dinding ban menjadi tidak kuat menahan beban dari pengendara. Ban tidak sanggup menahan beban maka lama-lama akan mengalami kerusakan pada kawat atau benangnya. Kawat penyusun dinding ban bisa terputus hingga menimbulkan benjolan.

Melewati Tingkungan dengan Kecepatan Tinggi

Ban motor benjol juga bisa terjadi karena motor melewati tikungan dengan kecepatan tinggi. Perlu diketahui bahwa tidak semua ban dirancang untuk bisa menahan beban tinggi saat menikung. 

Ketika melewati tingkungan, banyak pengendara yang memiringkan motor dengan laju yang cepat. Dalam kondisi meningkung tersebut, bagian ban yang menyentuh permukaan jalan hanya dindingnya saja. Hal ini bisa membuat ban rawan benjol. 

Hard Braking

Hard braking atau pengereman dengan keras juga dapat membuat ban motor jadi benjol. Apalagi jika pengeraman dilakukan pada ban depan motor. Ketika mengerem dengan keras, roda depan mendapatkan beban lebih besar daripada ban belakang. 

Jika kendaraan melaju kencang, pengereman dengan keras akan membuat ban berhenti hanya di satu titik untuk waktu yang lama. Kondisi ini bisa menyebabkan beban yang diterima pada ban akan terlalu tinggi dan berpotensi membuat ban benjol. 

Faktor Usia Pakai

Ban motor benjol juga bisa disebabkan karena faktor usia atau masa pakai yang sudah terlalu lama. Secara normalnya, ban motor memiliki usia pakai maksimal 2 tahun atau sampai 20 ribu km. Usia pakai ban akan semakin singkat ketika sering melewati jalan rusak atau cara berkendara yang buruk. 

Meskipun ban masih tampak bagus kondisinya, namun komponen penyusun ban bisa mengalami keausan tanpa disadari. Seiring berjalannya waktu penggunaan motor, lapisan ban perlahan terkikis dan membuat permukaan ban mengalami perubahan bentuk. Kondisi ini bisa menimbulkan benjolan pada permukaan ban. 

Demikianlah beberapa penyebab ban motor benjol yang perlu dipahami oleh pengendara motor. Supaya ban motor tidak benjol, pastikan Anda selalu menggunakan kendaraan dengan baik atau tidak ugal-ugalan. Baca juga tips aman berkendara saat musim hujan

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.