Perwakilan Joey Jordison Gugat Slipknot karena Mengambil Keuntungan dari Kematian Sang Drumer
Joey Jordison (Instagram @thejoeyjordison)

Bagikan:

JAKARTA - Perwakilan eks drumer Slipknot, mendiang Joey Jordison, menggugat band numetal asal Iowa tersebut, menuduh mereka mengambil keuntungan dari kematian sang drumer dan tidak mengembalikan harta benda miliknya.

Jordison, yang mendirikan Slipknot pada tahun 1995 bersama Paul Gray dan Shawn “Clown” Crahan, dipecat dari band ini pada 2013, dengan alasan pribadi.

Jordison kemudian mengungkapkan bahwa dirinya menderita penyakit saraf mielitis transversal. Dia meninggal pada Juli 2021 pada usia 46 tahun.

Dalam gugatan baru, yang diajukan pada bulan Juni oleh Steamroller LLC, pihak propertinya mengklaim bahwa Slipknot "terus menggunakan nama dan barang-barang pribadi Jordison di museum keliling Slipknot bernama Knotfest dan memenuhi kantong mereka dengan keuntungan dari basis penggemar setia Jordison”.

“Setelah tiba-tiba mengusir Jordison dari Slipknot pada tahun 2013, [Corey] Taylor dan Crahan secara tegas berjanji dalam perjanjian tertulis untuk mengembalikan semua barang milik Jordison sebagai imbalan atas janji Jordison untuk melepaskan tuntutan tertentu terhadap mereka,” demikian isi gugatan tersebut.

“Perjanjian tersebut berisi daftar non-eksklusif kategori besar barang yang [Taylor dan Crahan] miliki adalah milik mereka dan akan dikembalikan ke Jordison. [Taylor dan Crahan] mengaku mematuhi perjanjian tersebut dengan mengembalikan barang-barang tertentu kepada Jordison tetapi, tanpa sepengetahuan Jordison, [mereka] telah melaksanakan perjanjian tersebut tanpa niat untuk melaksanakan kewajiban mereka berdasarkan perjanjian tersebut, dan dengan sengaja menyembunyikan dari Jordison bahwa mereka memiliki banyak barang lainnya milik Jordison sehingga barang-barang itu tidak pernah kembali pada sang drumer.”

Gugatan tersebut juga menjelaskan pemecatan Jordison dari band ini: “Ketidakpedulian Jordison terhadap pemecatan dan perlakuan buruk lainnya yang dilakukan oleh Crahan dan Taylor telah banyak dilaporkan dan dikritik oleh para penggemar band. Sejak tahun 1990-an, Jordison telah mendedikasikan hidupnya untuk membuat Slipknot menjadi sensasi metal, yang mana Crahan dan Taylor mendapat banyak keuntungan. Tidak masuk akal mengapa Crahan dan Taylor memperlakukan Jordison dengan sangat meremehkan, terutama mengingat kesehatan Jordison yang menurun.”

Ini berlanjut dengan tuduhan tentang reaksi lain Slipknot setelah kematian Jordison. “Mungkin yang terburuk, Crahan dan Taylor secara terbuka berbohong kepada penggemar bahwa mereka telah menghubungi keluarga Jordison untuk memeriksa mereka dan menyampaikan belasungkawa dan cinta mereka kepada Jordison setelah kematiannya. Ini benar-benar salah, dan sangat mengecewakan keluarga Jordison karena membaca kebohongan yang begitu terang-terangan di internet. Jelas bahwa Taylor dan Crahan sebenarnya tidak peduli dengan Jordison atau keluarganya; mereka hanya peduli untuk meningkatkan publisitas dan penjualan album baru.”

Menanggapi kasus tersebut, tim kuasa hukum Slipknot meminta agar gugatan tersebut dibatalkan. “Tergugat pada umumnya menyangkal setiap tuduhan dan klaim yang dinyatakan dalam Pengaduan Perubahan Pertama Penggugat dan selanjutnya menyangkal bahwa Penggugat berhak atas keringanan apa pun,” kata mereka.