Shin Tae-yong Beberkan Rahasia Timnas Sukses <i>Comeback</i> Melawan Malaysia
Tim nasional Indonesia saat menundukkan Malaysia di Piala AFF (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong membeberkan rahasia skuat Garuda yang sukses comeback atas Malaysia dalam laga pamungkas Grup B Piala AFF 2020.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan kunci sukses kemenangan besar yang diraih anak asuhnya di laga penentu ini adalah komunikasi dan penampilan tenang atas sang lawan.

"Memang sebelum pertandingan selalu ada pertemuan tim (untuk berdiskusi), jadi saya juga tegaskan kepada pemain walaupun kebobolan harus tetap tenang, terus menjalankan instruksi pelatih," ujar Shin Tae Yong saat konferensi pers daring usai laga yang juga diikuti VOI.

"Selain itu kami juga memberikan semangat kepada pemain, agar mereka bida tampil terus percaya diri," tambah sang pelatih.

Dalam laga bergengsi yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura pada Minggu, 19 Desember malam WIB. Timnas sukses menang 4-1 meski awalnya Malaysia lebih dulu mencetak keunggulan.

Momen bangkit timnas tak lepas dari gol pembuka Irfan Jaya yang kemudian suskses mencetak brace. Disusul juga sumbangan gol dari Pratama Arhan dan ditutup oleh heading Elkan Baggott.

Terlepas dari rahasia sukses comeback timnas di laga penutup fase Grup B ini, Shin Tae-yong mengaku puas dengan performa Evan Dimas dkk. Ia juga berterima kasih karna tim terus menunjukan semangat juang dan bekerja keras hingga laga tuntas.

"Saya mengucapkan selamat dan terimakasih kepada para pemain yang bisa raih hasil membanggakan," ujar Shin Tae-yong.

Kemenangan 4-1 atas Malaysia ini otomatis membuat timnas keluar sebagai juara Grup B dan melaju mulus ke babak semifinal Piala AFF 2020. Dalam babak lanjutan nanti, timnas akan berhadapan dengan tuan rumah, Singapura yang lebih dulu sukses amankan tiket usai menang atas 2-0 atas Thailand.