Gelar Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020 ke Pratama Arhan Jadi Pelipur Lara Timnas
Foto : Instagram.com/@affsuzukicup

Bagikan:

JAKARTA - Prestasi gemilang diraih Pratama Arhan dalam kompetisi piala AFF 2020. Meski timnas gagal membawa trofi kemenangan, tapi Arhan sukses merebut gelar sebagai pemain muda terbaik di kompetisi bergengsi se Asia Tenggara itu.

Momen penyematan Arhan menjadi pemain terbaik dibagikan AFF lewat akun Instagram mereka. Pada unggahan, Sabtu 1 Januari mereka menunjukan foto Arhan yang tengah mengangkat trofi.

"(trofi) gol #NXGN penghargaan untuk pemain muda kompetisi ini jatuh kepada (bendera Indonesia) Pratama Arhan," tulis akun @affsuzukicup.

Lebih lanjut, penghargaan tersebut dipersembahkan oleh GOAL NXGN Award berdasarkan penilaian tim editorial dan dikombinasikan dengan hasil voting.

Melansir dari laman resmi AFF, tim GOAL NXGN memang telah mengantoni beberapa nama pemain muda yang dinilai sebagai yang terbaik dan berpotensi sepanjang kompetisi Piala AFF 2020.

Dari beberapa nama yang ada, kemudian dibuat voting untuk menentukan pemenangnya. Melalui hasil voting, Pratama Arhan keluar sebagai pemenang dengan koleksi total 60.122 suara, jumlah itu mengalahkan dua rekan setimnya yakni Witan Sulaeman and Alfeandra Dewangga yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Berhasil menyabet gelar sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020, Arhan juga sukses menyalip saingan beratnya yang merupakan punggawa Thailand, Thanawat Suengchitthawon yang finis diposisi empat. Sementara di posisi kelima diduduki oleh pemain Kamboja, Sieng Chanthea.

Pihak AFF memilih Arhan sebagi pemain muda terbaik berdasarkan performa apiknya di lapangan selama berkompetisi di Piala AFF 2020. Pemain PSIS Semarang tersebut dianggap selalu bisa menjadi ancaman setiap lawannya terutama jika sudah berada di setengah lapangan lawan.

Arhan juga diangga mencuri perhatian, berdasarkan statistik yang tercatat. Sejauh ini ia sukses mencetak 80 persen tekel, dan sukses menyelesaikan 76 persen dari 178 operan yang didapatkan selama turnamen.

Pratama Arhan juga menjadi pemain gang dipercaya Shin Tae-yong pelatih timnas sebagai starter dalam enam laga dari total delapan pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Terakhir, AFF juga menegaskan meski Arhan belum mampu menghantar timnas lolos sebagai juara, tapi pemain berusia 20 tahun ini sudah membuktikan dirinya mampu menjadi bagian tim muda timnas yang diperhitungkan. Arhan juga dianggap menjadi pemain yang sangat menjanjikan dan bisa percaya diri untuk menantang gelar di tahun-tahun mendatang.