Shin Tae-yong Kenang Momen Manis Melawan Pep Guardiola
Shin Tae-yong (Instagram @shintaeyong7777)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong, mengenang momen manis saat masih berkarier menjadi pemain sepak bola. Ia rupanya pernah menghadapi pelatih ternama, Pep Guardiola.

Cerita itu disampaikan pelatih 51 tahun ini di channel YouTube Deddy Corbuzier pada Selasa, 11 Januari.

"Pada 1992 memperkuat Korea bermain melawan Spanyol dan di situ ada Pep Guardiola. Pertandingan tersebut menjadi kenangan manis buat saya," kata pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Nama Shin Tae-yong meroket setelah mengemban jabatan pelatih tim nasional Indonesia pada 2019 lalu. Ia pun kian dikenal atas keberhasilannya di AFF 2020 meski mayoritas pemain yang ia bawa sangat belia.

Meski gagal membawa pulang trofi setelah kalah dari Thailand di final, Shin tetap dianggap telah memberi warna baru ke dalam permainan Elkan Baggot dan kawan-kawan.

Pencapaian ini mendapat apresiasi besar dari masyarakat Indonesia. Taktik yang dibawa olehnya dinilai berhasil diterapkan di dalam skuat Garuda.

Shin mengatakan bahwa apa yang ia dapat saat ini tidak lepas dari apa yang dipelajarinya dari pelatih elite di Eropa seperti Guardiola dan Jose Mourinho.

"Ada pelatih yang yang saya suka. Ada Pep Guardiola di Manchester City dan Jose Mourinho. Saya senang dengan taktik mereka. Saya belajar dari mereka, tidak hanya taktik tapi karakter bermain," ujar dia.

Saat ini ia tengah mempersiapkan timnas Indonesia untuk FIFA Matchday pada 24 dan 27 Januari 2022 nanti. Rencananya suat Shin akan menghadapi Bangladesh di FIFA Matchday.

Kemudian pada 14-26 Februari 2022, timnas Indonesia turun di Piala AFF U-23 2022.

Di ajang ini, Garuda Muda tergabung di Grup B bersama Malaysia, Myanmar dan Laos. Hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal Piala AFF U-23 2022.