Dikalahkan Thailand di Ajang Piala Asia Wanita 2022, Pelatih Soroti Mental Timnas Putri Indonesia
Timnas putri Indonesia melawan Thailand (Twitter.com/@afcasiancup)

Bagikan:

SURABAYA - Kekalahan timnas putri Indonesia di laga kedua Grup B Piala Asia Wanita 2022 melawan Thailang mendapat sorotan, termasuk dari pelatihnya, Rudy Eka Priyambada. Tim nasional Indonesia putri sendiri harus takluk 0-4 dari Thailand pada Senin, 24 Januari.

Mental Timnas Putri Indonesia

Di pertandingan yang digelar di Stadion D Y Patil, India, itu timnas Indonesia kalah karena hat-trick yang diciptakan penyerang Thailand, Kanyanat Chetthabutr. Selain itu keunggulan Thailang semakin kokoh setelah Irravadee Makris ikut membobol gawang.

Terkait hasil yang didulang Garuda Pertiwi, pelatih mengakui bahwa mentalitas tim memang menjadi poin yang disorot. Namun begitu, hasil di laga ini membuktikan bahwa tim sudah bermain lebih baik dibandingkan saat takluk 0-18 dari Australia di laga perdana.

"Masalahnya ada di mentalitas tim. Kami tidak memiliki kesempatan untuk bertanding di turnamen internasional seperti ini. Kami belajar dari ajang ini," ujar Rudy Eka dalam konferensi pers usai laga.

"Di laga pertama kami kalah dari Australia. Sekarang, kami bertanding melawan Thailand dan kalah 0-4," lanjutnya.

Pelatih Apresiasi Pemain

Terlepas dari sorotan soal mental pemain, sang pelatih tetap mengapresiasi kerja keras pemain. Sebab menurutnya timnas putri Indonesia telah memperlihatkan penampilan tidak kenal lelah melawan Thailand yang tercatat sudah dua kali berpartisipasi di Piala Dunia Wanita.

"Saya mengapresiasi usaha pemain, akan tetapi masalahnya adalah mentalitas bertanding. Para pemain tidak memiliki mental untuk mengontrol, mengoper, dan menggiring bola karena tidak punya kesempatan bermain di level internasional," kata Rudy menambahkan.

Kekalahan atas Thailand ini jadi kekalahan kedua untuk Indonesia. Itu membuat Skuat Garuda kian terpuruk di dasar klasemen Grup B tanpa perolehan poin.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mental Pemain Jadi Sorotan Pelatih Usai Timnas Putri Indonesia Takluk dari Thailand.