Postingan Bintang Manchester City Asal Ukraina yang Harapkan Putin Mati Mengenaskan Dihapus Instagram
Oleksandr Zinchenko (Instagram @zinchenko_96)

Bagikan:

JAKARTA – Bintang Manchester City asal Ukraina Oleksandr Zinchenko tegas bersuara mengecam Presiden Rusia Vladimir Putin yang meluncurkan operasi militer menyerang negaranya. Ia berharap sang presiden mati dengan cara mengenaskan.

Zinchenko yang bergabung dengan City pada 2016 lalu menuangkan kemarahannya tersebut lewat media sosial Instagram setelah konflik antara kedua negara itu memanas akibat invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Menukil The Sun, gelandang internasional Ukraina berusia 25 tahun tersebut memposting foto presiden Rusia ke Instagram Story disertai dengan tulisan "Saya harap Anda (Vladimir Putin) mati dengan penderitaan yang paling menyakitkan". Meski demikian, unggahan itu sudah lenyap dihapus Instagram.

Sebelum mengecam Putin, Zinchenko mengatakan pada hari Selasa bahwa dia 'tidak bisa mundur' di saat seluruh dunia mengkhawatirkan negaranya. Hal ini pun ia suarakan melalui platform yang sama.

"Sebuah negara yang kami coba agungkan dan kembangkan. Sebuah negara yang perbatasannya harus tetap, tidak dapat diganggu gugat. Negara saya adalah milik Ukraina dan tidak ada yang akan bisa merebutnya. Kami tidak akan menyerah! Kemuliaan bagi Ukraina," tulis Zinchenko.

Zinchenko bukan sosok olahraga pertama yang bersuara atas invasi Rusia. Petenis seperti Elina Svitolina juga turut bersuara di media sosial bersama mantan pesepak bola yang pernah memperkuat AC Milan dan Chelsea, Andriy Shevchenko.

Keputusan Putin meluncurkan serangan dikecam banyak pemimpin negara. Invasi skala penuh yang dilakukan Negeri Beruang Merah tersebut dianggap melanggar perjanjian Minsk.

Saat ini tank-tank dari Rusia sudah dikirim ke Ukraina melalui perbatasan Belarusia. Ledakan bom juga sudah terjadi di Ukraina akibat serangan-serangan yang dilancarkan oleh militer Rusia.

Gambar-gambar yang beredar memperlihatkan Ukraina dalam situasi yang mengerikan. Orang-orang yang tidak bersalah di negara tersebut harus melarikan diri ketika tank-tank Putin meluncur dan mengapung tanah air mereka.

Jutaan orang menuju ke barat atau berlindung di stasiun metro saat ledakan menghantam ibu kota Kyiv dan kota-kota besar lainnya pada Kamis pagi. Kyiv diguncang oleh beberapa ledakan dan itu terlihat dari rekaman dramatis yang menunjukkan asap membumbung dari gedung-gedung dan ledakan keras bergema di sekitar kota.