PSSI Batalkan Uji Coba Timnas di FIFA Matchday Atas Permintaan Shin Tae-yong
Timnas Indonesia (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - PSSI mengonfirmasi telah membatalkan jadwal uji coba timnas Indonesia dalam agenda FIFA Matchday pada bulan ini. Hal itu diungkap PSSI berdasarkan permintaan pelatih kepala Shin Tae-yong.

Ketua PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, Shin Tae-yong telah mengirim surat kepadanya beberapa pekan lalu untuk mengajukan agar uji coba ditiadakan. Shin Tae-yong beralasan bahwa uji coba timnas Indonesia pada Maret 2022 kurang memungkinkan mengingat jadwalnya bentrok dengan pemusatan latihan timnas U-19 di Korea Selatan.

"Menurut Shin Tae-yong, uji coba di FIFA Matchday pada Maret 2022 tidak efektif dan efisien," kata Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

"Hal ini karena dia juga memimpin timnas U-19 persiapan Piala Dunia U-20 2023 dalam pemusatan latihan di Korea Selatan," jelasnya.

Lebih lanjut, Iriawan membeberkan, sejatinya PSSI telah mempersiapkan lawan untuk uji coba timnas Indonesia di FIFA Matchday pada 21-29 Maret. Tapi, kemudian ia memaklumi keinginan Shin Tae-yong yang lebih paham keadaan tim.

“Untuk itu, PSSI memahami permintaan Shin Tae-yong dan mendukung program dari dia demi prestasi Timnas Indonesia," imbuh Ketum.

Terlepas dari keputusan Shin Tae-yong yang meminta pembatalan Uji Coba, timnas sendiri akan menjalani pemusatan latihan timnas Indonesia U-19 di Korea Selatan yang digelar pada Maret-April 2022. Kegiatan itu bertujuan untuk mematangkan persiapan menjelang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

Selain berlatih, timnas Indonesia U-19 juga akan melakukan rangkaian uji coba di Korea Selatan. Garuda Muda berencana untuk berlatih tanding di Gyeongsangbuk-do pada 13-24 Maret 2022 dan di Daegu pada 24 Maret-10 April 2022, selain itu timnas juga diproyeksikan akan menghadapi timnas Korea Selatan U-20.

"Selain melakukan pemusatan latihan, timnas Indonesia U-19 juga akan beruji coba dengan tim lokal. Bahkan amat mungkin melawan Korea Selatan U-20," imbuh Sekjen PSSI, Yunus Nusi dikutip dari sumber yang sama.