Bakal Latihan di Korea Selatan, PSSI Percaya Diri Timnas Indonesia U-23 Bawa Pulang Emas di SEA Games 2021 Hanoi
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Dok PSSI)

Bagikan:

SURABAYA - Jelang SEA Games 2021 Hanoi, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan optimis timnas Indonesia U-23 mampu membawa pulang emas di kejuaraan tersebut. Optimisme itu didukung dengan materi pemain yang telah diseleksi untuk bergabung di ajang tersebut.

Persiapan SEA Games 2021

Sebelumnya, Pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 29 pemain pada Rabu, 6 April kemarin. Para pemain pilihan itu kemudian akan menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan.

"Kami berharap dengan persiapan yang baik, timnas Indonesia dapat meraih juara SEA Games 2021. Dengan materi pemain yang dipanggil ini serta selalu bekerja keras, disiplin dan fokus, PSSI yakin hal tersebut (medali emas) akan tercapai," ucap Iriawan dalam laman PSSI.

Pemain Akan Latihan di Korsel

Untuk saat ini, pelatih U-23 Shin Tae-yong sudah berada di Korea Selatan untuk menjalankan program latihan bersama tim nasional U-19. Sedangkan 29 nama yang telah dipanggil bakal menyusul ke Korsel.

Pelatih asal Korea itu punya tugas berat menghadapi SEA Games 2021. Ia ditargetkan membawa pulang medali emas untuk mengobati 31 tahun paceklik emas timnas Indonesia di ajang sekawasan Asia Tenggara tersebut.

Dengan target yang cukup berat itu, Shin pun meminta pemusatan latihan dilakukan di Korea. Di sana tim akan menjalani sejumlah uji coba dengan tim lokal untuk mematangkan persiapan demi memenuhi target yang diminta federasi sepak bola nasional.

"Kami terus mendukung program pelatih pelatih Shin Tae-yong demi raihan prestasi timnas Indonesia. Tentunya selama di Korea Selatan mereka akan menjalani sejumlah laga uji coba," kata sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Ada Pemain Senior

Dalam pemanggilan kali ini terdapat empat pemain senior, yakni Fachruddin Aryanto, Irfan Jaya, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya. Selain itu nama-nama pemain yang bermain di luar negeri juga dipanggil seperti Elkan Baggott, Egy Maulana, Witan Sulaeman, Saddil Ramdani, dan Pratama Arhan.

Indonesia terakhir kali mendapat emas di SEA Games pada tahun 1991 lalu saat dihelat di Manila, Filipina. Sementara itu, di edisi sebelumnya pada 2019 lalu, Indonesia membawa pulang perak setelah kalah dari Vietnam di pertandingan pamungkas.

Untuk tahun ini, Indonesia masuk dalam Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Di pertandingan perdana penyisihan grup pada 6 Mei nanti, skuad Merah Putih akan langsung menghadapi tuan rumah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Takut Vietnam! PSSI Percaya Diri Timnas Indonesia U-23 Dapat Medali Emas di SEA Games 2021 karena Punya Materi Mumpuni.

Selain terkait SEA Games 2021, dapatkan informasi dan berita daerah Jawa Timur melalui VOI Jatim.