Resmi! Ketua CdM Umumkan Tim Futsal Putra Jadi Berangkat ke SEA Games Hanoi 2021
Tim futsal putra Indonesia menuju SEA Games 2021. (Dok PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional futsal putra Indonesia akhirnya jadi diberangkatkan ke SEA Games Hanoi 2021. Keputusan itu berdasarkan hasil rekomendasi tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON).

Kepastian futsal diikutsertakan ke ajang dua tahunan itu disampaikan Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia Ferry J. Kono usai menggelar rapat koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali di Jakarta pada Rabu, 14 April.

"Kami sudah mendengarkan rekomendasi dari tim tinjauan. Dalam rekomendasi itu cabang olahraga yang sudah ditetapkan baik DBON maupun non-DBON akan ditambah satu cabang olahraga baru yaitu futsal putra," kata Ferry dalam keterangan yang diterima VOI.

Cabor futsal pun telah ditambahkan kepada panitia SEA Games. CdM kemudian akan melakukan akreditasi untuk tim futsal putra supaya bisa bertanding di ajang yang memasuki edisi ke-31 itu.

Ketua tim tinjauan PPON Kemenpora Mochamad Asmawi menjelaskan, pihaknya telah melakukan peninjauan sebelum memutuskan memutuskan tim futsal putra diikutsertakan.

"Kami mempunyai data yang lengkap, ternyata tim putra mempunyai tes, parameter, termasuk fisik yang lebih baik dibandingkan yang putri," katanya.

Selain itu, secara prestasi tim futsal putra memiliki rekam jejak prestasi yang sangat baik. Di antaranya adalah pernah menjuarai AFF 2010, tiga kali runner up AFF, dan lima kali juara tiga di AFF.

"Kemudian yang menjadi penguatan kami, ternyata kemarin waktu (AFF 2022) di Thailand tim putra menjadi runner up dikalahkan Thailand. Ini yang menjadi lebih penguatan kami. Kami simpulkan tim putra lebih layak diberangkatkan, kami memberikan rekomendasi untuk tim putra futsal," ia menjelaskan.

Cabor futsal sebelumnya tidak termasuk dalam 32 cabang olahraga yang diberangkatkan ke Hanoi. Ketika itu tim peninjau menilai cabang ini minim prestasi dan punya permasalahan organisasi seperti 14 cabor lain yang tidak diberangkatkan meskipun dipertandingkan.