Enggan Menyerah, PSSI Surati FAM dan Sabah FC Minta Saddil Ramdani Dilepas ke SEA Games 2021
PSSI sudah menyurati FAM dan Sabah FC agar bersedia melepas Saddil Ramdani (kanan) memperkuat Timnas Indonesia U-23 di ajang SEA Games 2021. (Foto: Instagram.com/@officialsabahfc)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 bakal tampil di SEA Games Hanoi 2021 pada Mei mendatang. Demi mewujudkan misi untuk meraih medali emas, PSSI ingin tim asuhan Shin Tae-yong itu tampil dengan kekuatan penuh.

Seperti diketahui, ada tiga pemain yang berkiprah di luar negeri, hingga saat ini tak mendapatkan izin dari klubnya. Mereka adalah Saddil Ramdani (Sabah FC), Pratama Arhan (Tokyo Verdy) dan Elkann Baggott (Ipswich Town).

Saat ini, PSSI masih berupaya agar Saddil Ramdani bisa dilepas klubnya untuk membela Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021. Salah satu upayanya adalah PSSI sudah menyurati Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM) dan klub tempat Saddil bernaung.

"PSSI sudah melayangkan surat permintaan kepada FAM dan Sabah FC terkait pemanggilan dan permintaan agar Saddil Ramdani dapat bergabung dengan Timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2021. PSSI menunggu jawaban dan respons positif dari Sabah FC dan FAM," ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dikutip dari Antara.

Iriawan mengatakan kehadiran Saddil sangat diharapkan untuk memperkuat timnas U-23 yang dilatih Shin Tae-yong. Namun beberapa waktu kebelakang permintaan PSSI untuk memulangkan Saddil sempat menemui kesulitan dari pihak klub.

Padahal pihak Malaysia sebelumnya memutuskan untuk meliburkan Liga Super Malaysia demi memberikan kesempatan kepada tim nasional Negeri Jiran mempersiapkan diri menuju SEA Games 2021. Momen itu jelas jadi waktu kosong dan menjadi angin segar bagi kepulangan Saddil.

"Penundaan itu menjadi angin segar bagi PSSI yang berharap Saddil Ramdani cepat bergabung bersama timnas Indonesia. Saddil merupakan pemain penting bagi tim dan menjadi pilihan pelatih Shin Tae-yong," tutur Iriawan menambahkan.

Di sisi lain, Shin Tae-yong selaku pelatih kepala sengaja memanggil para pemain yang berkarir di luar negeri untuk mengisi slot di timnas dan menjalani pemusatan latihan (TC) di Korea Selatan sebagai persiapan SEA Games 2021.

Untung cabang olahraga sepak bola putra, PSSI menargetkan agar timnas bisa membawa pulang medali emas SEA Games 2021. Dalam ajang bergengsi ini, Skuad Garuda masuk dalam Grup A bersama tuan rumah Vietnam, Myanmar, Filipina dan Timor Leste.

Tim berjuluk Garuda Muda akan memulai perjalanannya di SEA Games 2021 dengan melawan Vietnam pada 6 Mei 2022, lalu menghadapi Timor Leste pada 10 Mei 2022, Filipina pada 13 Mei 2022 dan Myanmar pada 15 Mei 2022.