Kata Menpora Soal Kontroversi Ikut Angkat Trofi Kemenangan Timnas U-16 di Piala AFF U-16: Bukan Keinginan Saya
Menpora Zainudi Amali ikut mengangkat trofi kemenangan timnas di Piala AFF U-16 (Dok. Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali memberi klarifikasi terkait dirinya dan Ketua Umum PSSI yang mengangkat trofi usai timnas menjuarai laga final Piala AFF U-16.

Menurut Amali, dirinya bersama Iriawan dan Sekjen AFF diminta oleh Presiden AFF, untuk penyerahan piala dan memegang trofinya. Kemudian untuk bersama diangkat ke atas juga bersama-sama.

"Saya itu awalnya diminta oleh master of ceremony (MC) untuk naik ke atas panggung bersama Presiden AFF, Sekjen AFF, Ketum PSSI dan Sekjen PSSI. Kami secara bergantian memberikan penghargaan dan mengalungkan medali, mulai dari wasit, pencetak gol terbanyak, penjaga gawang hingga pemain terbaik," kata Menpora Amali, Sabtu, dalam keterangan tertulisnya.

"Saya mendapat giliran menyerahkan kepada pemain terbaik (M. Iqbal) dan mengalungkan medali bersama Ketum PSSI kepada juara I (Indonesia). Setelah selesai semuanya, tibalah saatnya penyerahan piala AFF U-16 oleh Presiden AFF kepada Captain Tim (M. Iqbal)," lanjut dia.

Saat itulah, sambung Amali, Presiden AFF meminta saya bersama Ketum PSSI dan Sekjen AFF untuk memegang piala bersama-sama kemudian diangkat ke atas bersama-sama.

Usai penyerahan trofi itu, Amali mengaku diajak kembali oleh M. Iqbal dkk untuk berfoto bersama dengan momen mengangkat trofi. Jadi, tegas Amali, M. Iqbal dkk yang mengajak dirinya sambil mengangkat trofi sebagai euforia kebanggaan atas kemenangan timnas U-16.

"Ramailah suasananya, anak-anak dengan riang gembira menikmati kemenangan sambil berfoto bersama. Setelah itu, saya turun podium, tapi baru beberapa langkah Iqbal dkk serta ofisial memanggil lagi supaya saya bersama Ketum PSSI berfoto dengan mereka," urainya.

"Ada juga momen yang sambil mengangkat piala trofi itu. Jadi, bukan keinginan saya. Tapi Iqbal dkk yang sedang gembira meminta saya berfoto memegang piala dengan mereka. Bahkan, saya juga diajak keliling lapangan bersama mereka sambil menyapa penonton. Begitulah kejadian sebenarnya," pungkas Amali.

Tim Indonesia U-16 berhasil menjuarai Piala AFF U-16 2022 pada Jumat malam setelah mengalahkan Vietnam 1-0. Setelah memastikan gelar, penyerahan trofi dilakukan di podium di tengah lapangan oleh Menpra Amali dan Ketum PSSI Iriawan.

Namun ada momen tak biasa yang terjadi ketika penyerahan trofi berlangsung. AMali dan Iriawan justru ikut nimbrung untuk mengangkat piala.

Alih-alih memberikan keleluasaan pada kapten tim, Iqbal dkk serta ofisial timnas U-16 untuk angkat piala, Amali dan Iriawan justru ikut menggenggam dan mengangkat piala tersebut dengan suka cita.

Momen ini jadi terlihat janggal karena lazimnya tradisi mengangkat piala dilakukan kapten tim dan segenap pemain yang turun di lapangan. Kejadian itu kemudian viral di media sosial.