Perguruan Bela Diri di Indonesia yang Go Internasional, Yakin Gapengen Join Salah Satunya?
Kejuaraan Tapak Suci Mesir (Instagram @TapaksuciIndonesia)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bicara soal perguruan bela diri di Indonesia sampai berkembang di Internasional apakah ada? Tentunya ada. karena olahraga bela diri dari Indonesia punya Nilai - nilai tradisional khas masyarakat Indonesia. Pencak Silat tidak cuma diketahui dengan estetika gerakannya, tapi juga filosofi yang ada dalam tiap gerakannya. Hampir tiap tempat mempunyai seni pencak silat dengan perguruan silat yang beragam.

Kemudian, sebagian di antaranya ada yang memiliki cabang atau peserta dari luar negeri. Berikut beberapa perguruan silat di Indonesia yang telah berkembang sampai di luar negeri.

Daftar Perguruan Bela Diri di Indonesia yang Mendunia

Tapak Suci

Perguruan Seni Beladiri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah atau disingkat Tapak Suci, merupakan sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang adalah member IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Tapak Suci termasuk dalam 10 Perguruan Historis IPSI, yakni perguruan yang mensupport tumbuh dan berkembangnya IPSI sebagai organisasi. 

Tapak Suci berasas Islam, bersumber pada Al Qur'an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11. Tapak Suci berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, atau bertepatan dengan tanggal 31 Juli 1963 di Kauman, Yogyakarta. 

Tapak Suci mempunyai semboyan "Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi lemah". 

Saat ini atas kerja keras dan semangat yang luar biasa dari para kadernya Tapak Suci sudah berkembang sampai ke manca negara diantaranya di Jerman, Belanda, Suriname, Aljazair, Timor Leste, Singapura, Mesir, Taiwan, Pakistan, Uganda, Maroko, Thailand, Lebanon, Sudan, Malaysia, Palestina, Brunei, dan Jordania.

Setia Hati Terate (PSHT)

Perguruan silat yang selanjutnya yaitu Persaudaraan Setia Hati Terate. Padepokannya berada di kota Madiun. Perguruan ini memiliki cabang di 236 kabupaten/kota di Indonesia. Malahan, PSHT juga membuka cabang di sebagian negara di luar Indonesia.

Dikabarkan situslegal PSHT, perguruan ini memiliki cabang di Belanda, Rusia, Malaysia, Timor Leste, Hongkong, Korea Selatan, Jepang, Belgia, sampai Prancis. Hal ini menghasilkan PSHT sebagai salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia.

IKSPI Kera Sakti

Perguruan silat terbesar yang selanjutnya di Indonesia yaitu IKSPI Kera Sakti. Perguruan ini berkonsentrasi di Desa Buduran, Kabupaten Madiun. Gerakan-gerakan yang ada di perguruan ini cukup mirip dengan gerakan kungfu yang ada di Tiongkok.

Perguruan ini umumnya meresmikan ribuan orang tiap empat bulan sekali. Peresmian tak cuma dijalankan di sentra padepokan IKSPI Kera Sakti di Madiun, tapi juga menggunakan peresmian jarak jauh. Hal ini dilaksanakan sebab perguruan ini mempunyai cabang di luar negeri seperti Timor Leste, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Korea Selatan, sampai Irlandia.

Pagar Nusa

Perguruan silat yang memiliki nama legal lkatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPS-NU) Pagar Nusa ini disusun pada 3 Januari 1986 di Kediri, Jawa Timur. Lahirnya Pagar Nusa sendiri dilatarbelakangi surutnya ilmu beladiri pencak silat yang ada di pesantren. Perguruan ini memadukan seni bela diri dengan akidah Islam.

Pagar Nusa juga mempunyai cabang khusus yang ada di Malaysia. Malahan, Pagar Nusa juga sudah melebarkan sayapnya di sebagian negara lainnya seperti Azerbaijan, Austria, Tunisia, Maroko, Mesir, Swiss, dan sebagian negara lainnya.

Setia Hati Winongo

Madiun tampaknya menjadi salah satu tempat yang memiliki keragaman silat yang tinggi. Pasalnya, terdapat 3 perguruan silat besar yang ada di Madiun, yakni IKSPI Kera Sakti, SH Terate, dan SH Winongo. Meski seperti itu, sejarah mengungkapkan bahwa pernah terjadi perselisihan yang cukup panjang di antara ketiga perguruan silat ini.

Terlepas dari hal itu, ketiganya sama-sama memiliki cabang di luar negeri. Untuk SH Winongo, perguruan ini mempunyai cabang di sebagian negara Eropa, seperti Prancis dan Belanda.

Perisai Diri

Perguruan silat lainnya yang memiliki cabang di luar negeri merupakan Perisai Diri. Perguruan silat ini didirikan oleh R. M. Soebandiman Dirdjoatmodjo pada tanggal 2 Juli 1955 di Surabaya. Sebagian teknik yang menarik di perguruan silat ini merupakan teknik Minangkabau, Meliwis, Naga, sampai Harimau.

Tak cuma jadi tekniknya yang menarik, Prisai Diri juga memiliki cabang yang benar-benar luas. Malahan, sebagian cabang di luar negeri bisa Anda peroleh di Australia sampai benua Eropa.

Merpati Putih

Merpati Putih yakni seni bela diri tangan kosong yang alirannya mulai diketahui oleh masyarakat semenjak tahun 1550-an. Perguruan ini didirikan pada 2 April 1963 di Yogyakarta. Seiring berjalannya waktu, perguruan silat ini berkembang cepat sampai kini dan memiliki cabang di luar negeri.

Sebagian negara yang memiliki cabang Merpati Putih merupakan Belanda, Amerika Serikat, Filipina, dan Jepang. Perguruan ini juga berkembang cepat di wilayah Papua, terutama Mimika.

Setelah mengetahui 7 perguruan bela diri di Indonesia yang go internasional, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!