10 Manfaat Yoga Setiap Hari untuk Kesehatan Mental dan Kesehatan Tubuh
Ilustrasi yoga (Unsplash/Krakenimages)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Yoga adalah sebuah senam yang menggabungkan gerak dan meditasi yang dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mental dan tubuh. Olaharaga ini sangat dianjurkan untuk semua orang tanpa memandang gender. Manfaat yoga setiap hari juga bisa dirasakan jika dilakukan secara benar.

Manfaat Yoga Setiap Hari

Dalam praktiknya, yoga tidak hanya menekankan pada gerak fisik saja, namun pada pernapasan, konsentrasi, dan gaya hidup. Jika yoga dilakukan dengan benar, banyak manfaat yang akan didapat baik dari sisi mental maupun badan. Adapun manfaatnya adalah sebagai berikut, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Meningkatkan Fleksibilitas Tubuh

Gerakan yoga tidak seperti olahraga lain karena tidak membutuhkan beban tambahan untuk melatih tubuh. Gerakan yoga justru membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Gerakan yoga seperti split, kayang, atau mengikat lengan di belakang punggung akan melatih otot makin elastis sehingga tidak mudah cedera.

  1. Mengurangi stres

Salah satu manfaat yoga setiap hari adalah menurunkan risiko stres dan menambah relaksasi. Hal itu terjadi karena adanya metode meditasi pada yoga. Olahraga ini sangat dianjurkan untuk para pekerja yang rentan stres.

  1. Memperkuat Tulang dan Menambah Keseimbangan

Yoga tidak hanya berdampak pada otot saja namun pada kekuatan tulang dan keseimbangan. Keduanya memang saling terkait. Yoga bisa melatih tulang kaki, tangan, bahkan tulang punggung. Tubuh juga akan dilatih seimbang dengan dukungan kekuatan tulang.

Tidak hanya tulang, sendi tulang yang awalnya kaku dan sulit digerakkan bisa dilatih dengan yoga sehingga pergerakan tubuh bisa lebih maksimal.

  1. Perbaikan Postur

Postur tubuh manusia akan tumbuh menyesuaikan kebiasaan sehari-hari. Badan yang sedikit membungkuk karena kebiasaan duduk yang keliru bisa diperbaiki dengan yoga sehingga posturnya bisa lebih tegap.

  1. Mendukung Program Diet

Tujuan diet adalah menurunkan berat badan. Hal itu bisa dicapai dengan mudah dengan dukungan yoga karena gerakannya mampu membantu meningkatkan pembakaran lemak. Olahraga ini bisa dilakukan oleh wanita dan pria yang ingin menurunkan berat badan.

  1. Melatih Pernapasan

Dalam yoga, napas harus diatur dengan baik. Napas yang baik tidak hanya menyehatkan tubuh namun meningkatkan metabolisme seseorang. Pernapasan yang baik akan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Pernapasan manusia normal rata-rata hanya memaakai 30 persen dari kapasitas paru-parunya. Sedangkan yoga mampu memaksimalkan kapasitas paru-paru hingga 100 persen.

  1. Membantu Menjaga Kualitas Tidur

Meditasi dalam yoga akan membantu Anda mendapatkan ketenangan. Hal itu sangat berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Bahkan dianjurkan untuk melakukan yoga sebelum tidur atau saat Anda mengalami kesulitan tidur.

  1. Meningkatkan Fokus

Jika Anda merasa sulit fokus, cobalah melakukan yoga. Beberapa gerakan yoga membantu Anda memfokuskan pikiran. Saat fokus mudah tercapai, Anda bisa bekerja dengan baik dan daya ingat juga meningkat.

  1. Jantung Lebih Sehat

Ternyata yoga juga membantu mengurangi tekanan darah dan denyut nadi sehingga menyehatkan jantung dan memperkecil risiko gagal jantung dan terjadinya stroke. Saat tekanan darah dan denyut nadi normal, kinerja jantung juga akan lebih ringan.

  1. Mengurangi Nyeri Punggung

Nyeri punggung bisa disebabkan karena banyak hal, salah satunya karena kurangnya pergerakan pada punggung sehingga otot punggung tidak bisa bermanuver dengan baik. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan gerakan yoga secara perlahan.

 Itulah informasi terkait manfaat yoga setiap hari. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.