7 Teknik Bersepeda Road Bike yang Wajib Diketahui Pemula
Ilustrasi bersepeda road bike (foto via Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Teknik bersepeda road bike yang dibahas pada artikel berikut ini, ditujukan untuk pemula yang ingin memulai petualangan hebat dengan roda dua mereka di atas jalan aspal.

Dengan memahami teknik bersepeda road bike, setiap insan dapat berkendara dengan lebih baik lagi.

Teknik Bersepeda Road Bike

Road bike merupakan jenis sepeda untuk dikendarai di jalan aspal atau jalan yang rata dan halus. Sepeda ini didesain untuk melaju di trek yang panjang dan butuh kecepatan.

Pesepeda road bike dapat melaju dengan kecepatan 30-50 km per jam. Untuk atlet, kecepatannya bisa mencapai 60 km per jam.

Jika Anda ingin bersepeda road bike, ada beberapa teknis penting yang harus diketahui, antara lain:

  1. Perhatikan posisi sadel

Teknik ini wajib diperhatikan oleh pemula yang ingin mengendarai road bike. Pasalnya, road bike yang biasa digunakan menempuh jarak jauh ini membutuhkan ketahanan tubuh dalam mengayuh sepeda.

Nah, salah satu yang mempengaruhi ketahanan tubuh ketika bersepeda road bike adalah posisi sadel.

Sadel harus berada di posisi yang tepat agar kayuhan maksimal. Cara mengetahuinya adalah menurunkan kaki ke posisi sadel paling bawah. Posisi kaki usahakan sedikit menekuk 25 derajat dan tidak lebih.

  1. Perhatikan posisi handlebar

Selain sadel, posisi handlebar juga harus diperhatikan dengan baik. Untuk menjaga ketahanan tubuh Anda, handlebar harus berada di tempat yang tepat, yakni sedikit di bawah sadel, tetapi jangan terlalu rendah.

Apabila posisi handlebar terlalu rendah, pesepeda road bike bisa mengalami beberapa masalah kesehatan. Posisi handlebar yang kurang tepat bisa memegaruhi kesehatan tulang belakang.

  1. Perhatikan Posisi Kaki

Ketika mengayuh road bike, pastikan telapak kaki berada tepat di atas pedal. Posisi kaki seperti ini dapat mengurangi risiko terjadinya cedera.

  1. Menjaga Keseimbangan

Seperti yang sudah disinggung di atas, sepeda road bike didesain untuk dapat bergerak dengan kecepatan yang tinggi. Oleh sebab itu, orang yang mengendarainya harus dapat menjaga keseimbangan.

Seorang pesepeda road bike, disarankan untuk tidak beraksi di jalanan yang terlalu padat karena haraus melambat sangat.

  1. Berkendara dengan Bijaksana

Dikutip dari Bike Radar, saat mengendarai road bike, bersikaplah asertif, jauhi selokan dan ingatlah bahwa Anda memiliki hak yang sama untuk berada di jalan seperti orang lain.

Untuk berkendara dengan aman di lalu lintas, Anda perlu mengetahui perbedaan antara posisi 'primer' (tengah jalur kiri) dan 'sekunder' (sekitar satu meter di sebelah kiri jalur lalu lintas bergerak), dan menggunakannya dengan tepat.

  1. Mengerem sepeda dengan aman

Sepeda memiliki dua rem, pada setiap sisi tangan. Jika ingin menghentikan sepeda dengan aman, Anda perlu mengetahui rem mana yang paling efektif.

Menurut Bike Radar, rem depan jauh lebih efektif daripada rem belakang dalam menghentikan sepeda. Oleh sebab itu, cobalah untuk mencapai distribusi tenaga 60/40 atau 70/30 antara depan dan belakang. Tapi berhati-hatilah untuk tidak mengunci. Rem modern cukup bertenaga dan Anda tidak ingin melewati setang.

  1. Aplikasikan teknik menikung

Saat menikung, pastikan pedal luar Anda berada di posisi terendah, dengan tekanan di atasnya. Ini akan memberi Anda lebih banyak cengkeraman, terutama di jalan basah, dan mengurangi kemungkinan tergelincir.

Demikian informasi tentang teknik bersepeda road bike. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, baca terus VOI.ID.