Apa Perbedaan Kempo dan Karate? Ini Penjelasan Singkatnya
Ilustrasi bela diri karate. (Foto: Pexels/Cottonbro)

Bagikan:

 YOGYAKARTA – Kempo dan karate adalah dua bela diri yang sama-sama populer. Keduanya banyak dijadikan sebagai bekal bela diri dan olah tubuh. Namun tak semua orang tahu apa perbedaan kempo dan karate.

Artikel ini akan membahas pengertian hingga perbedaan kempo dan karate untuk menambah khazanah pengetahuan umum.

Apa Perbedaan Kempo dan Karate

Saat ini penggemar kempo dan karate banyak menjamur di dunia termasuk Indonesia. Bagi Anda yang sedang mempertimbangkan keduanya, simak perbedaan berikut ini.

  1. Dari Sisi Pengertian

 Kempo adalah seni bela diri tertua yang menjadi induk bagi seni bela diri lain yakni Ju Jitsu, Aikido dan Judo. Bahkan, kempo juga jadi salah satu induk ilmu bela diri karate yang banyak berkembang di Jepang.

Sedangkan karate adalah ilmu bela diri yang mengedepankan tangan kosong alias tanpa senjata. Karate sendiri berasa dari dua kata yakni kara (kosong) dan te (tangan). Dalam ilmu karate, seseorang tak hanya belajar kekuatan fisik namun belajar hal lain yang berkaitan dengan mental, spiritual, hingga kepribadian.

  1. Dari Sisi Sejarah

Menilik sejarahnya, asal mula kempo justru berasal dari India yang dikenalkan oleh Pendeta Buddha asal China bernama Dharma Thaisi yang terus melakukan pengembaraannya. Kempo kemudian tersebar di dua negara yakni China dan Jepang dengan memadukan masing-masing budaya di negara tersebut.

Sedangkan Karate justru berasal dari Jepang. Secara bahasa, karate artinya tangan kosong. Olahraga bela diri ini awalnya berasal dari Okinawa, Jepang yang terinspirasi dari seni bela diri tinju dari China. Karate kemudian dipopulerkan oleh warga Jepang yang bernama Gichin Fukanosi pada tahun 1916.

  1. Sisi Olahraga

Harus diketahui bahwa kempo ternyata bukan termasuk cabang olahraga, sedangkan karate masuk dalam cabang olahraga yang bahkan dipertandingkan.

Alasan kempo tidak masuk olahraga adalah adanya teknik mematikan yang digunakan oleh para master kempo dan tidak boleh digunakan sembarangan. Kempo juga menjadi bela diri yang sangat tertutup sehingga tidak dipertontonkan secara umum.

Selain itu, Organisasi Kempo Dunia (World Shorinji Kempo Organization) juga tegas tidak ingin kempo kehilangan jati dirinya sehingga lebih memilih tidak mengikutkan kempo dari olahraga manapun. Hal ini berkaitan dengan upaya pembatasan pada kempo dalam olahraga yakni menghilangkan jurus mematikan.

Sedangkan karate adalah bela diri yang termasuk olahraga. Banyak kejuaraan karate yang dipertandingkan dan dipertontonkan secara umum termasuk di Indonesia.

  1. Cara Penyerangan

Dikutip dari beberapa sumber, kempo memiliki karakteristik yang tegas. Selain itu punya teknik yang bervariasi tergantung preferensi yang dimiliki oleh praktisi atau instruktur kempo. Namun, umumnya kempo lebih condong pada sistem pertahanan diri. Biasanya kempo tak mengajarkan untuk melakukan serangan lebih dulu.

Sedangkan karate punya karakteristik blitz. Serangannya dilakukan secara tiba-tiba dengan tempo yang tidak terlalu tinggi.

  1. Gerakan

Dalam kempo, semua anggota tubuh digunakan. Serangan dilakukan dalam bentuk hantaman tangan, tendangan, serangan menggunakan sikut dan lutut, lemparan, hingga kuncian. Sedangkan karate menekankan pada teknik tendangan dan pukulan.

Itulah informasi terkait apa perbedaan kempo dan karate, kunjungi VOI.ID untuk berita lainnya.