6 Pemegang Rekor <i>Smash</i> Tercepat Badminton, Atlet Indonesia Termasuk
Ilustrasi smash badminton (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tahukah Anda bahwa para atlet olahraga badminton memiliki kekuaatan memukul yang keras hingga membuat shuttlecock meluncur dengan cepat ke arah lawan? Menariknya, ada beberapa pemegang rekor smash tercetap badminton yang perlu diketahui.

Pemegang Rekor Smash Tercepat Badminton

Secara umum smash adalah pukulan ke arah lapangan lawan yang dilakukan dengan keras sekaligus tajam. Tiap atlet memiliki kecepatan pukulan smash yang berbeda. Namun, sampai saat ini ada beberapa atlet yang berhasil memecahkan rekor.

  1. Mads Pieler Kolding (426 kph)

Mads Pieler Kolding adalah atlet bulu tangkis Denmark spesialis ganda. Ia berhasil memecahkan rekor smash tercepat di dunia dengan kecepatan 426 kph (kilometer per hour/kilometer per jam). Smash mautnya itu dikeluarkan kala berlaga di Badminton Premier League pada 10 Januari 2017 yang digelar di India.

  1. Viktor Axelsen (419 kph)

Selain Mads Pieler, Denmark juga punya atlet bulu tangkis yang memegang rekor smash tercepat dunia yakni Viktor Acelsen. Ia merupakan Juara Dunia bulu tangkis tahun 2017. Kecepatan smash yang berhasil ia pukulkan ke lawan adalah 419 kph, tepatnya saat ia melawan Kento Momota di final All England tahun 2019. Meski demikian ia mengalami kekalahan kala itu.

  1. Anthony Sinisuka Ginting (417 kph)

Atlet Indonesia Anthony Sinisuka Ginting juga memiliki kecepatan smash yang diakui dunia yakni 417 kph. Smash tersebut terjadi saat ia berlaga di perempat final Singapore Open 2022. Smash Ginting membuat Ng Tze Yong (Malaysia) jadi korban.

  1. Daniel Marthin (415 kph)

Daniel Marthin adalah salah satu atlet badminton yang dimiliki Indonesia. Ia merupakan pebulu tangkis sektor ganda putra. Tidak hanya berprestasi, Daniel juga berhasil memecahkan rekor dengan smash tercepat dunia. Kecepatan smash yang berhasil dilakukan Daniel adalah 415 kph.

Smash tercepat di dunia itu terjadi ketika ia berlaga di final Hylo Open 2022 Super 300. Kala itu ia mengarahkan smashnya ke arah Marcus Fernaldi Gideon.

  1. Lee Chong Wei (408 kph)

Lee Chong Wei merupakan salah satu legenda bulu tangkis asal Malaysia. Ia memiliki smash tercepat yang diakui dunia. Rekor yang berhasil dipecahkan adalah 408 kph. Rekor tersebut pecah saat ia tampil di Hong Kong Open tahun 2015.

  1. Jan O Jorgensen (407 kph)

Lagi-lagi atlet Denmark berhasil melesatkan smash dengan cepat. Adalah Jan O Jorgensen yang berhasil melakukan smash dengan kecepatan 407 kph. Pukulan itu dilakukan saat berlaga di semifinal Malaysia Open tahun 2016. Saat itu ia tengah melawan Lee Chong Wei yang mewakili Malaysia.

Itulah pemegang rekor smash tercepat badminton. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.