Jadwal Padat, Choi In-cheol Gantikan Shin Tae-yong Pimpin Latihan Timnas Senior untuk FIFA Matchday
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Jadwal Timnas Indonesia Senior dan kelompok umur yang berdekatan membuat pelatih kepala, Shin Tae-yong, mesti atur waktu. Terbaru, ia menunjuk asisten pelatih, Choi In-cheol untuk menggantikannya memimpin latihan timnas senior.

Skuad Garuda tengah dalam persiapan untuk tampil di FIFA Matchday kontra Turkmenistan pada 8 September di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Sebelum agenda itu, semua pemain digeber dalam latihan untuk tampil maksimal.

Latihan intens juga terus dilakukan saat para pemain telah berkumpul di Surabaya mulai Senin, 4 September lalu. Sempat dibuka dan diarahkan Shin Tae-yong tapi kemudian sang asisten untuk ambil alih.

Hal itu dilakukan Shin Tae-yong karena ia harus bertolak ke Solo demi memimpin latihan timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Dengan keberangkatan sang pelatih ke Solo, maka timnas senior ada di bawah pengawasan Choi In Cheol.

"Pak Sumardji (Ketua Badan Tim Nasional) sudah menyampaikan pada tanggal empat Coach Shin (Tae-yong) di Surabaya untuk membuka latihan FIFA Matchday. Habis pembuka itu, Selasa beliau ke Solo untuk membuka latihan timnas U-23 yang sudah lengkap," kata Exco PSSI Endri Erawan dalam keterangannya di Jakarta dikutip pada Rabu, 6 September.

"Nanti (selama Shin Tae-yong di Solo), Choi (In-cheol) akan memimpin latihan," lanjutnya.

Kendati mesti bolak balik Solo-Surabaya tapi Shin Tae-yong tetap memegang tugas utamanya menahkodai dua kelompok timnas yang akan berlaga.

Pelatih asal Korea Selatan itu hanya sekadar meminta sang asisten untuk memantau latihan. Sebab saat timnas senior tampil di FIFA Matchday, Shin Tae-yong tetap mendampingi.

"Itu latihan saja, tapi Shin Tae-yong tetap akan di bench saat pertandingan (timnas Indonesia)," lanjut Endri.

Endri juga menyinggung soal komposisi pemain di timnas senior, dimana ada dua pemain yang sudah dipanggil tapi mereka mengalami cedera. Dua nama itu adalah Shayne Pattynama dan Yakob Sayuri, sehingga keduanya belum sempat bergabung dengan tim.

Dengan situasi itu mulanya Shin Tae-yong merasa tak perlu mencari pemain lain untuk mengisi posisi Shayne dan Yakob. Tapi ketika latihan berlanjut di Surabaya, Dimas Drajad dan Yance Sayuri dilaporkan mengalami cedera.

Hal ini kemudian membuat Shin Tae-yong putar otak, ia akhirnya memutuskan untuk memanggil beberapa pemain dari timnas U-23 Indonesia sebagai gantinya. Mereka yang dipilih adalah Alfeandra Dewangga, Donny Tri Pamungkas dan Dzaky Asraf yang akan menyusul ke Surabaya.

"Tidak ada wajah baru, kami cuma satu kali pertandingan melawan Turkmenistan jadi kami akan panggil dari tim U-23, yakni Dewangga, Donny, dan Dzaky," katanya.