Olahraga Untuk Penderita Osteoporosis: Berikut Beberapa Opsinya, Jangan Asal Kalau Tak Mau Menyesal Nantinya
Ilustrasi. (Foto: Pexels/@AnnaShvets)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pengidap osteoporosis tidak dapat dianggap enteng. Butuh kepedulian ekstra dalam menanggapinya. Olahraga buat penderita osteoporosis pula tidak sembarangan. Terdapat sebagian olah- raga buat pengidap osteoporosis yang dapat dicoba. Ayo ikuti bahasan berikut ini! Penasaran kira-kira apa saja olahraga untuk penderita osteoporosis?

Osteoporosis ialah keadaan penyakit tulang, akibat berkurangnya kepadatan tulang. Penyakit satu ini bisa melanda laki- laki ataupun perempuan, namun efek terjangkit lebih banyak mengarah ke perempuan.

Osteoporosis kerap dijuluki selaku dijuluki silent epidemic disease, sebab melanda secara diam- diam, tanpa terdapatnya tanda, sampai kesimpulannya pengidap alami patah tulang. Ini pasti butuh diwaspadai, karena bisa berdampak berbahaya.

Bila telah terserang penyakit ini maka kalian wajib mempraktikkan gaya hidup yang sehat. Semacam makan santapan bergizi yang kaya akan kalsium, komsumsi vit D yang pas, menjauhi santapan serta minuman penyebab osteoporosis, sampai melaksanakan olah- raga teratur.

Namun buat tipe olah- raga, pengidap osteoporosis tidak dapat sembarangan melaksanakannya. Buat sesi awal, diutamakan pada kelenturan sendi serta bertahap dengan pelatihan kekuatan serta anggota tubuh.

Sebagian kategori olah- raga buat pengidap osteoporosis dapat dicoba seperti bahasan berikut ini.

Olahraga Untuk Penderita Osteoporosis

Berjalan Kaki

Berolahraga buat pengidap osteoporosis yang awal yakni berjalan kaki. Olah- raga ini nyaman serta sangat sempurna buat dicoba.

Karena, sanggup tingkatkan energi tahan( endurance), kelincahan( agility), mengurangi kemungkinan jatuh, dan resiko luka yang kecil. Jadi, pasti aman buat dicoba.

Buat prosesnya, kalian dapat berjalan secara perlahan terlebih dulu. Paling sedikit dengan kecepatan 4. 5 km per jam. Kalian dapat berjalan selama 50 menit, serta melangsungkannya 5 hari dalam seminggu.

Senam Aerobik

Senam aerobik bisa jadi opsi berolahraga untuk pengidap osteoporosis. Karena, gerakan yang dihasilkan bakal membuat tulang serta otot bergerak buat mempertahankan postur badan senantiasa tegak.

Gerakan tersebut bakal melatih tulang buat menahan beban badan, serta membuat tulang jadi lebih kokoh serta padat.

Saat sebelum memulai senam aerobik, pastikan instruktur kalian tau penyakit yang kalian alami, sehingga gerakan yang bakal dilakukan akan menyesuaikan.

Taichi

Berolahraga Taichi sanggup menolong memperlambat penipisan massa tulang terutama di zona tulang belakang, tulang kering, serta pula tulang paha.

Tidak hanya sanggup memperlambat penipisan massa tulang, olah- raga ini pula sanggup kurangi resiko jatuh. Sehingga, bisa dicoba untuk pengidap osteoporosis.

Mengangkat Beban

Berolahraga buat pengidap osteoporosis yang dapat dilakukan selanjutnya yakni angkat beban. Olah- raga ini dapat dicoba buat laki- laki ataupun perempuan.

Beban yang dimaksud bisa memakai beban apa saja. Mulai dari dumbel kecil, sampai mesin latihan beban. Diutamakan latihan pada pinggul, paha, pinggang, lengan, serta bahu.

Yoga

Berolahraga yoga tampaknya baik buat pengidap osteoporosis. Dengan olah- raga ini kalian dapat tingkatkan kepadatan mineral tulang.

Diantaranya merupakan bagian tulang belakang, tulang paha, sampai pinggul. Pastinya, supaya hasil yang lebih optimal kalian butuh yoga bersama ahlinya ya!

Senam Osteoporosis

Olah- raga buat pengidap osteoporosis yang terakhir ialah senam osteoporosis. Senam ini dibagi jadi berbagai tipe, yang pastinya dapat jadi opsi kalian. Antara lain yakni selaku berikut

Senam Osteoporosis - Foot Stomps

Gerakan senam satu ini mempunyai khasiat buat melatih penyeimbang badan, dan melatih zona bagian pinggul. Lakukanlah gerakan foot stomps dalam sebagian set sesuai dengan keahlian kalian.

Senam Osteoporosis - Shoulder Lifts

Gerakan senam berikutnya memiliki khasiat buat melindungi massa otot, kepadatan tulang lengan, serta pula di bagian bahu.

Gerakan senam ini dapat dilakukan sembari berdiri ataupun duduk. Dalam gerakannya kalian memerlukan tambahan beban ataupun dumbell

Senam Osteoporosis - Hamstring Curl

Gerakan senam hamstring curl mempunyai manfaat dalam menguatkan otot belakang kaki bagian atas. Tidak hanya itu pula bisa menjaga keseimbangan badan, karena, gerakan yang dilakukan dengan metode berdiri. 

Jadi setelah mengetahui olahraga untuk penderita osteoporosis, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!