Menerka Pemain Timnas Indonesia yang Jadi Pilihan Shin Tae-yong untuk Hadapi Brunei: Rotasi Besar-besaran?
Timnas Indonesia melakukan persiapan untuk menghadapi Brunei Darussalam pada leg kedua putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA – Timnas Indonesia akan melakoni laga tandang melawan Brunei Darussalam di pertandingan kedua putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Berikut ini perkiraan formasi yang akan digunakan Pasukan Garuda.

Bentrok kedua tim akan berlangsung di Stadion Sultan Hassanal Bolkiah, Selasa, 17 Oktober besok. Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, kemungkinan besar melakukan rotasi besar-besaran.

Pada leg pertama, Timnas Indonesia menghabisi Brunei Darussalam dengan enam gol tanpa balas. Hasil itu membuat Skuad Garuda sudah bisa rileks karena punya peluang besar ke putaran kedua.

Dalam kemenangan atas Brunei Darussalam, Shin memakai formasi 4-4-2. Pelatih asal Korea Selatan itu bahkan memainkan Sandy Walsh sebagai gelandang tengah.

Namun, jika melihat hasil leg pertama, sang pelatih bisa saja memberikan kesempatan ke pemain pelapis sekaligus mengistirahatkan pemain-pemain yang selama ini menjadi andalan.

Di lini belakang, posisi kiper yang sebelumnya dipercayakan kepada Nadeo Argawinata bisa bergantian dengan Ernando Ari. Tembokan pertahanan juga perlu ada perubahan.

Elkan Baggott kemungkinan besar masih akan dipertahankan. Dia diyakini bakal berkerja sama dengan Rizky Ridho dan Rachmat Irianto

Sementara itu, kesempatan perlu diberikan kepada Ricky Kambuaya di lini tengah Indonesia. Pemain itu sebelum hanya menjadi pengganti Marc Klok.

Untuk posisi ini Shin Tae-yong kemungkinan juga akan menurunkan Arkan Fikri. Sayangnya, Marselino Ferdinan belum bisa bermain karena belum bugar.

Di lini depan Dimas Drajad yang cetak hattrick di laga pertama, akan tetap jadi tumpuan. Namun kali ini, dia akan berkolaborasi dengan Egy Maulana Vikri dan Ramadhan Sananta.

Stok pelapis dini lini juga banyak ada Dimas Drajad, Hokky Caraka, Saddil Ramdani, Dendy Sulistyawan, dan Rafael Struick. Namun, nama terakhir kemungkinan masih belum bisa bermain karena cedera ringan.

Perkiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia untuk Hadapi Brunei: Ernando Ari; Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Arkhan Fikri, Ricky Kambuaya, Shayne Pattynama; Egy Maulana Vikri, Ramadhan Sananta, Dimas Drajad