Anggap Shin Tae-yong Berjasa dalam Kariernya, Pelatih Korea Selatan Jadikan Piala Dunia U-17 Ajang Pembuktian
Byun Sung-hwan, pelatih Korea Selatan U-17, menjadikan Shin Tae-yong sebagai guru (Instagram.com/@thekfa).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Korea Selatan U-17, Byun Sung-hwan, mengaku ingin menjadikan Piala Dunia U-17 2023 sebagai ajang pembuktian kualitasnya sebagai juru taktik di hadapan Shin Tae-yong.

Hal ini lantaran pelatih tim muda Taeguk Warriors menganggap STY sebagai sosok yang dia dikagumi dan berjasa dalam kariernya.

Tak heran, ia pun ingin mengikuti jejak mantan juru taktik Timnas Korea Selatan di ajang sepak bola muda bergengsi.

Sebagai informasi, Byun Sung-hwan memang sudah terang-terangan mengeklaim dirinya punya hubungan baik dengan Shin Tae-yong. Kedua pihak pernah bekerja sama kala masih berkarier di klub Negeri Ginseng.

STY yang kini menduduki kursi pelatih Timnas Indonesia sempat menjabat sebagai pelatih di Seongham Ilhwa Chunma dari periode 2008-2012. Sementara itu, Byung Sung-hwan tercatat sebagai pemain di klub yang sama pada medio 2012.

Pelatih Korea Selatan U-17 pun menilai Shin Tae-yong punya peran penting dalam karier kepelatihannya. Juru taktik berusia 53 tahun itu dianggap sebagai guru.

"Seperti yang saya katakan di laga perdana, saya tidak bisa bertemu dengan dia (Shin Tae-yong) karena jadwal kami sangat padat. Namun, ketika saya aktif bermain di Seongnam Ilhwa Chunma, dia adalah pelatih saya," ucap Byun Sung-hwan saat ditemui di sela-sela sesi latihan Korea Selatan U-17, Selasa 14 November 2023.

"Sampai sekarang, hubungan kami masih sangat baik. Saya ingin membuktikan diri saya kepada dia yang saya anggap seorang guru," sambung juru taktik berusia 43 tahun.

Meski tak sempat berjumpa di periode Piala Dunia U-17 2023, Byun Sung-hwan mengatakan dia pernah dikunjungi Shin Tae-yong kala menjalani pemusatan latihan (TC) di Tanah Air pada September 2023.

Bahkan, pelatih Timnas Indonesia itu sempat mengajak makan bersama anak-anak asuh Byun Sung-hwan.

Kala itu, Shin Tae-yong juga disebut memberi saran dan turut menonton pertandingan Korea Selatan U-17.

"Pada bulan September, ketika kami datang ke sini untuk latihan, dia mendatangi kami, memberi makan kepada para pemain, menonton pertandingan kami, dan memberi saran kepada kami," ujar Byun Sung-hwan.

Sebagaimana diketahui, Byun Sung-hwan memang nyaris tak mungkin berjumpa dengan Shin Tae-yong dalam waktu dekat.

Soalnya, STY saat ini sedang berada di Irak untuk melakoni duel putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Meski kemungkinan tidak sempat berjumpa, Byun tetap mendoakan dan mendukung setiap perjalanan STY. Dia berharap Timnas Indonesia bisa memperoleh hasil terbaik di bawah asuhan Shin Tae-yong.

"Saya dengar, sekarang dia (Shin Tae-yong) mempersiapkan tim untuk Kualifikasi Piala Dunia. Saya harap dia dapat hasil bagus dan tentu untuk Timnas Indonesia," tutur Byun Sung-hwan kepada awak media beberapa waktu lalu.

Skuad Garuda memang tengah sibuk pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Selepas melawat ke Iran, anak didik Shin Tae-yong mesti bertandang ke Filipina pada 21 November 2023.