Persebaya Akhiri Kerja Sama dengan Josep Gombau Buntut dari Performa Tak Membaik
Josep Gombau berpisa dengan Persebaya Surabaya di paruh musim Liga 1 2023/2024 (Instagram.com/@officialpersebaya).

Bagikan:

JAKARTA - Persebaya Surabaya resmi mengakhiri kerja sama dengan pelatih mereka, Josep Gombau, di paruh musim Liga 1 2023/2024. Belum mampunya sang pelatih membawa tim menunjukan performa yang baik jadi faktor utama.

“Persebaya telah mencapai kesepakatan dengan coach Gombau untuk mengakhiri kerja sama. Persebaya berterima kasih atas dedikasi coach Gombau, termasuk membawa Persebaya menang dalam pertandingan melawan Arema FC,” bunyi pernyataan resmi Persebaya dikutip pada Rabu, 22 November 2023.

Josep Gombau sebelumnya resmi menjadi pelatih Persebaya pada 14 September 2023. Namun, dia gagal mengantarkan tim kebanggan masyarakat Surabaya itu tampil apik usai hanya meraih satu kemenangan, satu kali seri, dan empat kekalahan selama masa tugasnya.

Performa yang ditunjukan sang pelatih itu membuat Persebaya kehilangan kesabaran. Pasalnya, Gombau gagal menyelamatkan Bajul Ijo dari kekalahan 0-4 saat melawan Persik Kediri pada laga ke-18 Liga 1, 27 Oktober 2023.

Sementara dalam kekalahan Persebaya dari Barito Putera 0-2 di laga pekan ke-19 yang berlangsung di Stadion Demang Lehman, Kamis, 9 November 2023, Josep Gombau tidak mendampingi timnya. Posisinya digantikan Uston Nawawi.

Meski pada akhirnya memutuskan untuk berpisah, Persebaya menyebut Gombau tetap menitipkan pesan baik untuk tim berjuluk Bajul Ijo tersebut.

“Kepada Persebaya, coach Gombau berharap tim bisa mencapai kemenangan di pertandingan-pertandingan selanjutnya. Persebaya pun mendoakan coach Gombau senantiasa sukses di karier selanjutnya,” lanjut pernyataan tersebut.

Saat ini, Persebaya masih menempati posisi ke-13 klasemen sementara Liga 1 2023/2024 dengan 22 poin. Pada lima laga terakhir, Bajul Ijo hanya mendulang hasil satu kali seri dan empat kekalahan.