Timnas Indonesia Dapat Pelajaran dari Uji Coba, Menguasai Bola dan Menciptakan Peluang Jadi Fokus
Shin Tae-yong akan benahi sektor penyerangan Timnas Indonesia sebelum Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia kembali menelan kekalahan pada partai uji coba. Terbaru, anak asuh Shin Tae-yong takluk 0-5 dari Iran di di Al Rayyan Sports Club, Doha, Qatar, pada Selasa, 9 Januari 2024.

Sebelumnya, pada dua partai uji coba di Turki melawan Libya, Timnas Indonesia juga kalah dengan skor 0-4 dan 1-2.

Artinya, Skuad Garuda cuma bisa mencetak satu gol pada semua uji coba dalam rangka persiapan Piala Asia 2023.

Shin Tae-yong menyadari minimnya Timnas Indonesia dalam mengancam gawang lawan. Hal itu kini menjadi fokus perhatiannya dalam pemusatan latihan terakhir di Qatar sebelum berlaga di Piala Asia 2023.

"Memang ke depannya kami juga pasti akan lebih banyak menguasai bola dari lawan. Kami akan latih bagaimana kami bisa menyerang balik dan menciptakan peluang yang baik," kata Shin Tae-yong.

Selain lini serang, pelatih asal Korea Selatan itu juga memerhatikan sektor belakang yang kerap melakukan kesalahan sendiri dan berbuah kebobolan.

Hal itu ingin dia minimalisasi di Piala Asia 2023 mengingat lawan Timnas Indonesia merupakan tim-tim tangguh. Tergabung di Grup D, Skuad Garuda akan menghadapi Irak (15/1/2024), Vietnam (19/1/2024), dan Jepang (24/1/2024).

Blunder memang kerap terjadi di lini belakang Skuad Garuda. Pada laga melawan Iran, Shin Tae-yong mengakui kesalahan sendiri di pertahanan membuat lawan bisa mencetak tiga gol pada babak pertama melalui Shaman Ghoddoos (2'), Roozbeh Cheshmi (21'), dan Saman Fallah (35').

Kesalahan juga terjadi ketika dua kali melawan Libya. Dua gol Libya berasal dari kesalahan bek pada pertemuan pertama. Lalu, ada satu blunder lini belakang juga pada perjumpaan kedua.

Timnas Indonesia sudah menjalani pemusatan latihan (TC) sejak 20 Desember 2023 di Turki untuk persiapan Piala Asia 2023. Sejak 6 Januari 2024, mereka pindah lokasi TC di Qatar.