Cara Agar Konsisten Olahraga: Coba Deh, Lakukan Beberapa Langkah Ini Biar Semangat!
Cara Agar Konsisten Olahraga (Gambar Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kalian pasti menyadari kalau sebetulnya olahraga itu penting. Tetapi, memang memotivasi diri buat konsisten berolahraga sangatlah susah serta berat dilakukan. Metode terbaik yang dapat kalian jalani yaitu terus memotivasi diri dengan menyesuikan diri dengan agenda olahraga rutin. Butuh beberapa cara agar konsisten olahraga?

Pada saat kalian berpikir kalau kalian bakal berolahraga mulai esok hari, kalian butuh buat keluar serta melaksanakannya saat itu juga. Berikut cara supaya lebih konsisten berolahraga:

Cara Agar Konsisten Olahraga

1. Fokus pada Diri Kalian Sendiri

Tentu bakal selalu ada seseorang yang lebih bugar, cepat, ataupun fleksibel dibandingkan kalian. Jangan bandingkan diri kalian dengan mereka. Jangan perkenankan mereka membatasi kalian dari tujuan utama. Waktu berolahraga kalian yaitu buat kalian dan tentang kalian.

2. Niatkan Tujuan yang Realistis

Jangan terlalu menaruh target yang besar, misalnya berat badan turun 10 kg dalam 1 bulan. Bisa jadi itu sulit serta mustahil dicoba saat kalian baru saja mengawali buat konsisten berolahraga. Jangan pula memaksakan diri buat berolahraga selama 1 jam per hari. Hendaknya buatlah tujuan yang lebih masuk akal serta terjangkau oleh keahlian kalian, semacam berolahraga 2 hingga 3 kali seminggu selama 20-30 menit.

3. Update Setiap Kemajuan

Buatlah catatan berolahraga kalian, bisa dalam harian online ataupun dalam sebuah buku catatan. Melihat kemajuan seperti berlari lebih cepat, melangsungkan pengulangan lebih banyak, ataupun juga kenaikan intensitas dalam berolahraga, bisa membuat kalian terus menjadi pingin melanjutkannya.

4. Mulai dari Waktu yang Paling Sebentar

Paksalah diri kalian buat melaksanakan olahraga, mulai dari waktu yang paling sebentar yang kalian sanggupi. Misalnya 5 ataupun 7 menit. Setelah berakhir, ukurlah diri apakah masih kuat

buat lanjut. Bila tidak, kalian bisa melakukannya beberapa sesi kecil sepanjang hari. Lebih baik sebentar tetapi konsisten daripada lama namun jarang.

5. Cari Komunitas Penyemangat

Carilah orang-orang, baik teman, keluarga, pasangan, rekan kerja, tetangga, apalagi komunitas, yang bakal menyemangati kalian buat terus maju. Minta mereka buat terus melakukan olahraga, apalagi lakukan olahraga secara Bersama-sama.

6. Cari Hal yang Menyenangkan

Apabila kalian masih tidak termotivasi, bisa jadi kalian dapat melakukan kegiatan yang salah. Bisa jadi dulu kalian menyukainya, namun saat ini menjadi membosankan. Pilihlah aktivitas yang paling kalian senangi, serta berolahraga bakal menjadi sesuai dengan yang kalian tunggu-tunggu. Ingatlah, kalau berolahraga tidak mesti selalu di gym. Kalian bisa saja berangkat mendaki gunung ataupun berenang, apalagi mengikuti kelas dance.

7. Fleksibel dengan Waktu

Pada saat kalian sangat padat jadwal, jangan habiskan 30 menit buat bermacet-macet di jalan menuju gym. Pakai video latihan di YouTube dari rumah saja. Bila kalian sangat letih buat berolahraga pada malam hari, pakai alarm kalian buat bangun serta berolahraga lebih pagi.

8. Beri Reward pada Diri Sendiri

Bila diri kalian telah sukses melangsungkan olahraga sesuai tujuan. Berilah penghargaan pada dirimu sendiri, semacam membeli hadiah pakaian, pijatan, lagu baru, video games, ataupun apa juga yang kalian senangi.

Nah, seperti itu beberapa panduan yang dapat kalian jalani biar konsisten berolahraga. Pada saat kalian mulai giat berolahraga, rutin berkeringat, dan mulai memperoleh perasaan puas memperlakukan badan dengan baik, otomatis kalian bakal sayang bila merusak jerih payah kalian. Terlebih sehabis menikmati hasil berat badan turun. Pasti semakin termotivasi buat konsisten melaksanakan kebiasaan berolahraga.

Selain itu kalian juga bisa mengikuti “Tips Menjalani Olah Raga yang Aman dan Menyenangkan” dari artikel kami agar lebih menikmati dalam berolahraga.

Jadi setelah mengetahui cara agar konsisten olahraga, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!