Shin Tae-yong Tebar Ancaman Jelang Timnas Indonesia vs Jepang: Jangan Remehkan Wakil Asia Tenggara
Shin Tae-yong pada sesi konferensi pers menjelang Timnas Indonesia vs Jepang (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Skuad Garuda, Shin Tae-yong, memberikan peringatan keras menjelang laga Timnas Indonesia vs Jepang di partai ketiga Grup D Piala Asia 2023. Ia mengatakan agar negara lain tidak meremehkan wakil dari Asia Tenggara, termasuk Tim Merah-Putih.

Timnas Indonesia akan berduel kontra Jepang di Stadion Al Thumama, Doha, pada Rabu 24 Januari 2024, pukul 18.30 WIB. Laga tersebut menjadi penentu nasib Samurai Biru dan Skuad Garuda untuk melangkah ke babak 16 besar.

Pada laga nanti, Timnas Indonesia memang tak diunggulkan. Namun, Shin Tae-yong berani menebar ancaman dan mengakui bahwa negara wakil Asia Tenggara termasuk Indonesia tengah berkembang.

"Seperti yang Anda bilang, sepak bola Asia Tenggara saat ini terus berkembang terutama negara-negara seperti Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Empat tim sangat kompetitif," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang pertandingan, Selasa, 23 Januari 2024.

Pernyataan soal kekuatan negara Asia Tenggara itu diungkap Shin Tae-yong karena berkaca pada bukti yang diraih Thailand. Tim Gajah Putih yang ada di Grup F mampu mengalahkan Kirgistan 2-0 dan menahan Oman 0-0.

"Jadi, saya ingin mengatakan jika negara-negara lain meremehkan sepak bola Asia Tenggara, mereka salah. Kami sepak bola Asia Tenggara terus berkembang," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Pada matchday terakhir Grup D, Jepang bakal tampil dengan semangat tinggi demi bisa memetik tiga poin agar lolos langsung ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Sementara Timnas Indonesia hanya membutuhkan hasil seri guna mengincar posisi ketiga terbaik dan melangkah ke babak gugur.