Ungkapan Bahagia Shin Tae-yong Tahu Status Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2023
Timnas Indonesia sukses ke 16 besar Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, meluapkan kebahagiaannya saat tau tim asuhannya lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Bukan cuma lolos, hasil itu juga menorehkan catatan sejarah baru.

Untuk pertama kalinya, pelatih asal Korea Selatan itu bisa mengantar Skuad Garuda lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Kepastian itu didapat setelah Timnas Indonesia menjadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Shin Tae-yong meluapkan kegembiraan luar biasa melihat hasil bersejarah ini. Ia mengaku sangat bersyukur bisa mengawal Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya.

"Kami sangat bersyukur, hari ini saya sangat happy. Terima kasih banyak," ungkap Shin Tae-yong dalam pesan resmi PSSI di Doha pada Jumat, 26 Januari 2024.

Sebelum mengunci tiket ke babak 16 besar, Timnas Indonesia lebih dulu menelan dua kekalahan dari laga kontra Irak dan Jepang di Grup D. Meski begitu, satu kemenangan atas Vietnam membuka asa Skuad Garuda.

Timnas Indonesia juga cukup beruntung karena masih berada di posisi keempat dari tim peringkat ketiga terbaik, di bawah Yordania, Palestina, dan Suriah yang mengantongi empat poin.

Marselino Ferdinan dan kolega meraih tiket terakhir ke babak gugur Piala Asia 2023.

"Walaupun kami satu kali menang dan dua kali kalah, para pemain bekerja keras di setiap pertandingan. Itu mungkin yang memengaruhi hasil saat ini," kata Shin Tae-yong.

Sang pelatih jelas sangat bersyukur bisa membawa timnya keluar dari fase grup. Ia tak lupa mengapresiasi kerja keras Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan dalam setiap pertandingan yang dimainkan.

"Tanpa kerja keras mungkin Tuhan tidak memberikan kesempatan seperti ini. Tuhan tahu bagaimana kerja keras kami untuk ke 16 besar," tuturnya.

Sementara itu, Asnawi Mangkualam yang merupakan kapten tim turut berkomentar atas keberhasilan skuad lolos dan membuat sejarah baru di sepak bola Tanah Air.

"Alhamdulillah, kita berhasil lolos. Tuhan menjawab doa dan usaha kita," ujar Asnawi Mangkualam.