Hasil Liga 1 2023/2024: Borneo Perpanjang Rekor Tak Terkalahkan usai Tekuk Persebaya 2-1
Borneo FC membungkam Persebaya (Instagram/@borneofc.id).

Bagikan:

JAKARTA – Borneo FC bangkit dari ketertinggalan dan mengamankan kemenangan secara dramatis saat menjamu Persebaya Surabaya pada pekan ke-28 Liga 1 2023/2024.

Pesut Etam kembali meraup tiga poin saat tampil sebagai tuan rumah di Stadion Batakan, Balikpapan pada Kamis, 7 Maret 2024.

Gawang dari tim tuan rumah sebenarnya kebobolan terlebih dahulu. Suporter tuan rumah dibuat terdiam setelah pemain pengganti Persebaya, Tino Firmansyah, mencetak gol pada menit ke-85. Gol itu pun sempat bertahan sampai injury time.

Beruntung, Borneo yang sudah di ambang kekalahan mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-90+2. Gol tercipta dari kesalahan penyerang Bajul Ijo, Kasim Botan, yang membobol gawangnya sendiri.

Tuan rumah menghidupkan harapan mereka untuk menang. Benar saja, Pesut Etam kembali membukukan gol enam menit setelah gol pembuka, tepatnya menit ke-90+8. Gol kemenangan Borneo disumbangkan oleh Nul Zikrak.

Tak ada gol lagi tercipta dan Borneo mempertahankan keunggulan 2-1 hingga laga usai.

Hasil ini membuat posisi Borneo di puncak klasemen Liga 1 2023/2024 semakin sulit dikejar tim lain.

Mereka sekarang telah mengoleksi 66 poin dari 28 pertandingan. Jumlah poin tersebut unggul jauh di atas Persib Bandung yang mengekor di posisi kedua.

Saat ini Maung Bandung tercatat baru mengamankan 48 poin dari 27 laga.

Melihat selisih sebesar itu, mimpi Borneo untuk menjadi juara pada musim ini terbuka lebar. Apalagi mereka tampil cukup konsisten musim ini dan baru merasakan dua kekalahan.

Borneo sudah memastikan langkah ke Championship Series Liga 1 2023/2024 karena posisinya sudah tidak bisa diusik lagi.

Selain itu, kemenangan atas Persebaya memperpanjang rekor tak terkalahkan Borneo FC.

Kini, mereka sudah mengemas 18 pertandingan tanpa kalah sejak September 2023. Menariknya, terakhir kali Borneo menelan kekalahan ialah saat berjumpa Persebaya di putaran pertama Liga 1 2023/2024.

Susunan Pemain

Borneo FC (4-2-3-1): Nadeo Argawinata; Fajar Fathur Rahman, Silverio Silva, Leo Guntara, Diego Michiels; Adam Alis, Kei Hirose; Terens Puhiri, Wiljan Pluim, Stefano Lilipaly; Felipe Cadenazzi

Persebaya Surabaya (4-2-3-1): Andhika Ramadhani; Arief Catur, Yan Victor, Dusan Stevanovic, Adi Utama; Kadek Raditya, Andre Oktaviansyah; Bruno, Muhammad Iqbal, Robson Duarte; Paulo Henrique