VFF Resmi Pecat Philippe Troussier usai Vietnam Kalah dari Timnas Indonesia
Philippe Troussier dipecat dari pelatih Vietnam (dok. Vietnamnet).

Bagikan:

JAKARTA - Vietnam Football Federation (VFF) resmi mengumumkan pemecatan pelatih Vietnam, Philippe Troussier. Keputusan itu diambil menyusul kekalahan The Golden Stars di kandang saat menghadapi Timnas Indonesia.

Vietnam dapat kesempatan menjamu Timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Selasa, 26 Maret 2024. Namun, pada laga keempat putaran kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia itu, tuan rumah kalah 0-3 dari tim tamu.

Tiga kali gawang The Golden Stars yang dijaga Nguyen Filip bobol oleh pemain Skuad Garuda.

Vietnam dikejutkan oleh gol Jay Idzes pada menit kesembilan. Lalu, giliran Ragnar Oratmangoen (23’) dan Ramadhan Sananta (90+8) menambah keunggulan Timnas Indonesia.

"Resmi: Pelatih Troussier mengucapkan selamat tinggal kepada Timnas Vietnam," bunyi artikel media Vietnam, TheThao247, dikutip Rabu, 27 Maret 2024, dini hari WIB.

Kekalahan dari Timnas Indonesia sejatinya bukan satu-satunya penyebab Troussier menyudahi perannya sebagai pelatih Vietnam. Rapor buruk Troussier selama menangani The Golden Star jadi alasan kuat di balik munculnya keputusan ini.

Sejak menggantikan posisi Park Hang-seo, Troussier tidak bisa memenuhi target-target yang ditetapkan oleh VFF. Troussier gagal di SEA Games 2023 dan Vietnam juga tak tampil meyakinkan di Piala Asia 2023.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, Troussier sempat membawa Vietnam memulai start bagus lewat kemenangan 2-0 di markas Filipina. Namun, setelah itu Vietnam kalah di tiga laga berikutnya, dua di antaranya dari Timnas Indonesia pada Maret 2024 dan melawan Irak.

Kekalahan tersebut membuat peluang Vietnam untuk lolos ke babak selanjutnya makin menipis. Bukan hanya wajib mengumpulkan angka sebanyak-banyaknya di dua laga tersisa, Vietnam kini harus bergantung pada hasil dua partai Timnas Indonesia pada Juni 2024.

Troussier merupakan salah satu pelatih kawakan di dunia sepak bola. Sebelum menangani Vietnam, Troussier sempat mengantar Jepang juara Piala Asia 2000. Selain itu, Troussier pernah melatih Nigeria, Qatar, dan Marseille.