Indonesia U-23 ke Semifinal Piala Asia U-23 2024, Ketum PSSI: Pencetak Sejarah Baru
Indonesia U-23 lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengungkapkan perasaan bangga luar biasa atas pencapaian Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Ia bahkan menyebut bahwa Garuda Muda adalah pencetak sejarah baru.

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengantongi kemenangan atas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024.

Tampil di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Jumat, 26 April 2024, dini hari WIB, Garuda Muda menang 11-10 lewat drama adu penalti setelah seri 2-2 atas Taeguk Warriors hingga babak perpanjangan.

Hasil ini kemudian menghantarkan Indonesia U-23 ke semifinal dalam debutnya di Piala Asia U-23. Bagi Erick Thohir, momen itu harus disyukuri dan Garuda Muda layak disebut sebagai pencetak sejarah yang mengharumkan nama bangsa.

"Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Yang Maha Kuasa dan rasa bangga kepada para pemain, pelatih, dan ofisial Timnas Indonesia U-23 yang sangat luar biasa dan terus menciptakan sejarah bagi sepak bola Indonesia," katanya dalam keterangan dikutip pada Jumat, 26 April 2024.

"Generasi emas pesepak bola muda ini telah berjuang dengan semangat tinggi, mental baja, dan memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Terima kasih," tutur Ketum PSSI yang juga turut hadir langsung di stadion.

Sementara itu, kemenangan atas Korea Selatan U-23 menjadi sejarah baru bagi sepak bola Indonesia.

Soalnya, di level kelompok usia U-23, Indonesia baru kali pertama menaklukkan Taegeuk Warriors. Pada dua perjumpaan sebelumnya, Garuda Muda selalu kalah.

Kekalahan itu terjadi di Kualifikasi Piala Asia U-23 2016. Indonesia U-23 kalah 0-4 sehingga gagal lolos ke putaran final di Qatar.

Lalu, pertemuan kedua terjadi di laga persahabatan internasional yang mana Garuda Muda kalah 1-2.

Artinya, kemenangan Indonesia U-23 atas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U-23 2024 sekaligus memutus rekor buruk pertemuan.

Selain itu, Garuda Muda kini kian dekat menuju Olimpiade Paris 2024. Erick Thohir pun mengatakan bahwa Indonesia U-23 punya kans besar.

Mereka hanya perlu fokus pada target selanjutnya dengan lolos ke final Piala Asia U-23 2024.

"Ada yang namanya momentum di olahraga. Saya lihat sejak penyisihan grup, lalu di perempat final, momentum itu milik kita."

"Kini Timnas Indonesia U-23 bisa melangkah ke semifinal. Sangat logis jika target berikutnya final," ujar Erick.

Selain meminta Timnas Indonesia U-23 untuk terus fokus pada target selanjutnya, Erick Thohir juga tak lupa meminta doa dan dukungan dari seluruh rakyat Indonesia agar mimpi bisa terealisasi.

"Yang pasti kami di PSSI, seluruh pemain dan ofisial, terus mengharapkan doa serta dukungan dari seluruh rakyat dan pencinta sepak bola Indonesia. Saatnya meraih mimpi lebih tinggi," katanya.

Sebagaimana diketahui, untuk lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024, Indonesia U-23 harus finis di tiga besar Piala Asia U-23 2024.