Demi Justin Hubner Gabung Indonesia U-23, Menpora Ikut Turun Tangan
Justin Hubner diharapkan bisa bergabung Indonesia U-23 melawan Guinea U-23 (Instagram/@justinhubner5).

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, ikut turun tangan demi mengupayakan kehadiran Justin Hubner di Indonesia U-23 ketika menghadapi Guinea U-23. Upaya itu dilakukan Menpora dengan melakukan pertemuan bersama Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia.

Setelah gagal merebut tempat ketiga di Piala Asia U-23 2024, Indonesia U-23 hanya menyisakan satu cara demi bisa meraih tiket ke Olimpiade Paris 2024, yaitu dengan menjalani playoff kontra wakil Afrika, Guinea U-23.

Namun, menjelang laga yang digelar 9 Mei 2024 di Paris, kekuatan Indonesia U-23 tak akan penuh. Pasalnya, Justin Hubner yang menjadi andalan juga belum bisa dipastikan tampil.

Selepas membela Indonesia U-23 di Qatar, Hubner tak ikut rombongan yang langsung merapat ke Paris. Ia mesti balik ke Jepang untuk kembali bergabung klubnya, Cerezo Osaka.

Bersamaan dengan agenda audiensi Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Menpora kemudian mencoba meminta bantuan dengan pendekatan ke Dubes Jepang agar Justin Hubner bisa memperkuat Indonesia U-23 di laga playoff.

"Pada pertemuan itu (dengan Kedubes Jepang) saya juga menyampaikan ke Dubes Jepang dan Menteri Olahraga Jepang untuk membantu kita," kata Dito Ariotedjo dalam keterangan dikutip Selasa, 7 Mei 2024.

"Kami mendorong agar klub sepak bola, Cerezo Osaka, mau kembali memberikan izin kepada atlet Timnas Indonesia U-23, Justin Hubner, untuk bermain di laga playoff penentuan Olimpiade Paris 2024 menghadapi Guinea U-23 nanti," kata Dito.

Soal upaya melobi Kedubes Jepang itu, Menpora mengatakan jika Dubes Masaki Yashuhi akan menindaklanjutinya. Terlebih, jika melihat J-League 1 baru menjalani beberapa pertandingan dan belum di fase akhir musim alias tidak krusial.

"Dubes Masaki Yashuhi akan komitmen mengomunikasikan ke seluruh stakeholder olahraga di Jepang dan akan segera memberi kabar diplomasi tersebut," tutur Menpora Dito.

Selain berupaya untuk bisa mendatangkan kembali Hubner, Garuda Muda juga terus berbenah demi tampil maksimal. Kabarnya, PSSI juga tengah mencoba menghadirkan Elkan Baggott selepas masa peminjamannya dari Bristol Rovers FC berakhir.