5 Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Nyetir, Praktikkan pada Perjalanan Jarak Jauh
Ilustrasi mengantuk saat nyetir (Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Cara menghilangkan ngantuk saat nyetir perlu diketahui oleh pengendara, terlebih bagi yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh.

Berkendara dalam kondisi mengantuk sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Bahkan, sampai saat ini banyak kecelakaan yang terjadi karena faktor mengantuk. Oleh sebab itu, banyak pihak yang memberikan sosialisasi dan anjuran untuk tak berkendara dalam posisi mengantuk.

Apabila Anda mengantuk saat berkendara, sebaiknya ambil waktu istirahat Kondisi mengantuk saat berkendara bisanya memang kerap terjadi pada saat seseorang melakukan perjalanan jauh. Rasa kantuk yang muncul ketika seseorang berkendara disebut dengan microsleep.

Itulah mengapa Anda harus mengetahui cara menghilangkan ngantuk saat berkendara atau menyetir. Disadur dari Gramedia Blog, berikut sejumlah tips menghilangkan ngantuk saat nyetir. Simak sampai habis, ya!

Tidur sebelum berkendara

Mengambil waktu tidur sebelum berkendara bisa menghindarkan Anda dari rasa kantuk ketika sedang mengemudikan kendaraan.

Apabila Anda tidak sempat beristirahat sebelum berkendara dalam perjalanan jauh, maka tindakan yang bisa diambil adalah dengan melakukan tidur siang selama 15 hingga 30 menit lamanya. Hal ini dinilai mampu menjadikan kondisi tubuh Anda tetap segar dan bisa lebih waspada.

Minum kopi

Saat kondisi mata dan tubuh sudah lelah, Anda bisa minum kopi untuk menghilangkan rasa kantuk. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi dapat membantu menjaga kesadaran selama berkendara.

Akan tetapi, manfaat dari kopi baru bisa dirasakan sekitar setengah jam setelah minum kopi.

Bagi mereka yang terbiasa minum kopi, mungkin satu cangkir saja tidak bisa berhasil menjadikan mata tetap bisa terjaga.

Dalam hal ini, Anda bisa meningkatkan konsumsi kopi tersebut. tetapi, tetap dijaga porsinya atau tidak lebih dari empat cangkir dalam satu hari.

Mengambil waktu istirahat di tengah perjalanan

Apabila Anda mengemudikan mobil, cara terbaik untuk bisa menghilangkan rasa kantuk saat menyetir adalah dengan tidur sejenak pada kursi pengemudi yang nyaman.

Ketika rasa kantuk muncul, segeralah ambil tindakan menepi dan cobalah untuk tidur selama 15 hingga 20 menit lamanya.

Mengambil waktu tidur singkat di tengah perjalanan disebut dengan istilah power nap. Aktivitas ini dapat memulihkan energi Anda.

Lakukan peregangan otot ringan

Bagi Anda yang mengendarai sepeda motor, rasa kantuk biasanya muncul ketika melaju pada jalan yang lelang, cuaca panas dan tak bersahabat.

Untuk mengatasi rasa kantuk yang muncul tiba-tiba, Anda bisa menepi dan melakukan peregangan otot sembari berjalan selama 10 menit. Bergerak secara aktif bisa menjadikan pikiran Anda tetap terjaga.

Istirahat setiap dua jam

Tips selanjutnya, Anda bisa menghilangkan ngantuk dengan mengambil waktu istirahat setiap dua jam sekali.

Ketika kondisi mata mengantuk dipaksakan untuk terus mengemudi tanpa henti, maka bagian mata dan tubuh akan menjadi lebih mudah lelah hingga meningkatkan resiko kecelakaan.

Oleh sebab itu, Usahakan untuk beristirahat setiap beberapa jam sekali walaupun Anda tidak dalam kondisi mengantuk maupun kelelahan.

Tanda-Tanda Mengantuk Saat Mengemudi

Berikut sejumlah tanda yang mengindikasikan bahwa Anda sedang mengantuk saat nyetir atau mengemudi:

  • Kelopak mata mulai terasa berat.
  • Sering mengedipkan mata secara perlahan.
  • Sulit konsentrasi
  • Pikiran kosong mulai kerap menghampiri.
  • Tidak fokus ketika memperhatikan rambu-rambu lalu lintas yang ada.
  • Sering menguap
  • Mudah terpancing emosi
  • Tidak sadar melewati jalan

Demikian informasi tentang cara menghilangkan ngantuk saat nyetir. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.