Cara Jumper Aki Mobil yang Benar: Pemula Wajib Tahu!
Foto ilustrasi. (Gambar Daniel @ bestjumpstarterreview - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Saat memiliki mobil maka kita diwajibkan untuk mengetahui beberapa hal termasuk cara jumper aki mobil yang benar. Khususnya bagaimana cara jumper aki darurat dalam kondisi-kondisi yang kurang menguntungkan.

Mobil tiba-tiba mogok bisa kapan saja terjadi. Biasanya hal ini disebabkan oleh aki mobil yang sudah berumur dan bisa saja terdapat ketidaksesuaian kapasitas pada aki mobil (sering disebut aki tekor). Biasanya keluhannya setelah di starter mesin tidak menyala. Dalam keadaan darurat seperti itulah harus dilakukan jumper aki. Tapi bagaimana caranya? Begini penjelasannya.

Cara Jumper Aki Mobil yang Benar

Prinsip jumper aki mobil sebenarnya agar dapat “memancing” aki yang soak agar bisa bekerja Kembali. Agar bisa lakukan jumper aki kalian membutuhkan aki mobil yang lain untuk menjadi donor. Perlu diingat aki yang digunakan sebagai pendonor haruslah dalam kondisi yang baik.

1. Mempersiapkan Perlengkapan Jumper Aki

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan peralatan yang diperlukan. Tidak membutuhkan terlalu banyak alat, namun pastikan terlebih dahulu aki pendonor yang akan digunakan dalam kondisi baik. Artinya daya listrik atau voltasenya masih normal. Lebih disarankan aki yang digunakan dari aki yang sejenis dan punya nilai voltase yang sama.

Setelah dirasa sesuai, persiapkan pula kabel jumper. Ada beberapa jenis kabel jadi kalian harus tahu kabel apa yang sesuai untuk jumper aki mobil kalian.

​​​​​​​2. Mengatur Posisi Mobil

Apabila persiapan telah siap, maka atur posisi mobil dengan mendekatkan kedua mobil. Perihal ini dilakukan sebab kabel jumper biasanya tidak begitu panjang. Atur posisi mobil supaya berdekatan. Maka dari itu, sebisa mungkin carilah tempat yang rada luas.

3. Menghubungkan Kedua Aki Dengan Kabel Jumper

Kabel jumper nampak semacam kabel biasa, namun terdapat penjepit di kedua ujungnya. Kita butuh mengerti di mana posisi kedua kutub terminal aki. Kutub positif diisyaratkan dengan “+” serta kutub negatif ditandai dengan “-”.

Terdapat pula aki yang menandai kutub positif dengan warna merah serta kutub negatif dengan warna hitam. Buat menentukan warna ataupun tanda kutub ini, bersihkan dahulu aki yang kotor dengan lap sebelum digunakan.

Metode jumper aki mobil ini dapat dicoba dengan metode menghubungkan kutub positif dengan kutub positif pula, serta sebaliknya.

Pakai penjepit kabel ke kutub positif ataupun kutub bercorak merah pada aki mobil yang bermasalah terlebih dulu, baru pasang penjepit ke kutub positif aki yang masih berfungsi.

Setelah itu, jepit kutub negatif ataupun ujung klem kabel hitam dari mobil dengan aki yang berfungsi lalu pasang ke kutub negatif aki yang soak. Yakinkan jepitan cukup kuat agar tidak gampang terlepas.

4. Hidupkan Mesin Mobil

Sehabis menghubungkan kedua aki, berikutnya coba menghidupkan kembali mesin mobil. Tetapi, hidupkan mesin mobil donor dulu baru hidupkan mobil yang akinya soak. Mobil dapat dihidupkan dengan putaran mesin di atas 1. 000 rpm.

Tunggu 5 menit dengan memencet gas secara pelan di atas keadaan idle. Metode ini dicoba buat mengisi energi pada aki yang bermasalah.

Setelah itu diamkan selama kurang lebih 20 menit pada posisi idle (tidak menginjak gas). Bila mobil tidak mau menyala, maka kita dapat menunggu beberapa menit buat membiarkan proses pengisian tenaga.

5. Melepas Kabel Jumper Aki

Bila mobil telah sukses dinyalakan artinya aki yang soak telah mendapat lumayan tenaga. Setelah itu, perihal terakhir dalam metode jumper aki mobil yakni melepaskan kabel jumper.

Lepaskan kabel pada kutub negatif pada mobil dengan aki soak terlebih dahulu, baru sehabis itu lepaskan kabel pada kutub negatif yang melekat di mobil donor.

Jalani pula pada kabel di kutub positif dengan urutan yang sama. Hati-hati saat melepaskan kedua kabel ya. Selesai deh!

Cara Jumper Aki Dengan Powerbank

Selain menerapkan jumper aki mobil dengan aki mobil yang lain, sesungguhnya kalian dapat melakukannya dengan powerbank. Tetapi dengan catatan, powerbank yang digunakan memanglah memiliki fitur khusus serta kapasitas besar sehingga dapat mengisi aki mobil yang soak.

Saat ini telah banyak tipe powerbank di pasaran yang dibekali kemampuan spesial buat mengisi ulang aki mobil. Tapi sayangnya, terkait biayanya pastinya bakal jauh lebih mahal dibanding tipe powerbank biasa.

Teknik kerja powerbank ini mirip dengan baterai. Sebaliknya metode jumper aki dengan powerbank sesungguhnya tidak jauh berbeda saat menjumper aki dengan menggunakan aki mobil pendonor.

Teknik jumper aki dengan power bank, di antaranya:

1. Yakinkan kalau power bank yang kita pakai merupakan produk power bank aki terbaik yang telah dilengkapi dengan indikator pengaman.

2. Pastikan bawah power bank mempunyai energi penuh.

3. Sambungkan kabel dengan ujung yang mempunyai 2 penjepit, di mana penjepit warna merah buat kutub positif serta warna gelap buat kutub negatif.

4. Masing-masing kabel tersebut disambungkan ke kutub aki sesuai dengan kutubnya, kutub positif bertemu kutub positif, kutub negatif bertemu kutub negatif.

5. Yakinkan kalau indikator pengaman masih dalam kondisi mati.

6. Kemudian, tekan tombol power pada power bank aki tersebut.

7. Terakhir, starter mobil hingga mesin mobil bakal menyala.

Jadi setelah mengetahui cara jumper aki mobil yang benar, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!