Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Fabric, Jangan Asal Pakai Cairan
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jok mobil fabric banyak diterapkan pada berbagai model atau tipe mobil. Jok bermaterial kain ini harus mendapat perawatan secara rutin supaya tidak kotor dan tidak mudah rusak. Perawatan jok jenis ini tentunya berbeda dengan jok berbahan kulit. Lantas bagaimana cara membersihkan jok mobil berbahan fabric?

Jok mobil menjadi komponen penting yang menunjang kenyamanan penggunaan kendaraan roda empat. Sebagai bagian yang sering digunakan untuk duduk, jok mobil renta kotor dan berdebu. Apalagi jok mobil yang dilapisi kain tentu lebih sulit dibersihkan, baik noda maupun kotoran yang menempel. 

Jika jok mobil Anda kotor, penggunaan mobil pun jadi kurang nyaman. Itulah mengapa Anda perlu tahu cara membersihkan jok mobil berbahan fabric.

Cara Membersihkan Jok Mobil Berbahan Fabric

Perawatan jok mobil fabric atau kain memerlukan penanganan lebih ekstra dibandingkan jok yang berbahan kulit. Anda membersihkan sendiri jok mobil Anda di rumah, dengan menerapkan tips berikut ini:

Menggunakan Vacuum Cleaner

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan jok mobil berbahan fabric adalah menggunakan vacuum cleaner. Perlengkapan ini dibuat untuk membantu menghilangkan debu dan partikel halus yang menempel pada jok kain. 

Namun sebelum Anda mulai menggunakan vacuum cleaner, lebih dulu bersihkan remahan sisa makanan atau kotoran yang terdapat di jok. Cara ini bertujuan agar debu atau kotoran tersebut tidak semakin menempel di jok mobil Adna. 

Arahkan alat vacuum cleaner ke seluruh bagian jok mobil Anda, mulai dari tempat duduk, sandaran kepala, hingga celah-celahnya. Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa atau menyelip supaya tidak mengganggu proses pembersihan selanjutnya. 

Memaksimalkan Penggunaan Cairan Pembersih

Jika semua debu dan kotoran sudah tersedot tanpa sisa ke dalam vacum cleaner, selanjutnya Anda bisa melakukan pembersihan jok fabric menggunakan cairan pembersih. Disarankan membersihkan jok menggunakan sabun supaya tidak merusak serat jok kain. Misalkan tidak punya pembersih khusus jok mobil, Anda bisa memakai deterjen sebagai alternatifnya. 

Anda tinggal memasukkan cairan sabun ke dalam botol semprotan. Kemudian semprotkan cairan tersebut ke bagian jok mobil yang kotor atau terkena noda. Lalu gosok secara perlahan menggunakan sikat berbulu lembut. Lakukan secara berulang dan sebaiknya Anda menggosok dengan satu arah yang sama supaya tidak merusak serat kain joknya. 

Mengeringkan Pakai Hairdryer

Apabila seluruh bagian jok sudah digosok menggunakan sabun pembersih, selanjutnya Anda perlu membilas dan mengeringkan joknya. Pembersihan jok berbahan fabric dilakukan menggunakan kain lap microfiber yang bertekstur lembut untuk mengusap permukaan jok. 

Pembilasan atau pengelapan ini dilakukan agar kotoran dan sabun yang disemprotkan ke jok berpindah ke kain lap. Usapkan kain microfiber ke permukaan jok secara berulang sampai bersih dan tidak ada residu sabut yang tersisa. 

Jika jok sudah kering, Anda tinggal mengeringkannya lagi menggunakan hair dryer. Saat proses pengeringan jok, Anda juga perlu membuka semua pintu dan jendela supaya sirkulasi udara dan cahaya lebih lancar. Dengan begitu maka prose pengeringan jok bisa lebih cepat. 

Menggunakan Pelapis Anti Noda

Langkah terakhir yang perlu dilakukan dalam membersihkan jok berbahan fabric adalah menerapkan pelapis anti noda. Meski jok sudah dibersihkan, Anda perlu memberikan perlindungan ekstra pasca pembersihan. Gunakan lapisan anti noda pada jok penumpang dan jok pengemudi untuk mencegah paparan kotoran dan debu yang bisa menempel. 

Demikianlah cara membersihkan jok mobil berbahan fabric yang bisa Anda terapkan. Perawatan jok mobil perlu dilakukan secara berkala supaya tidak mudah kotor dan rusak, serta memiliki masa pakai yang lebih lama. Dengan jok yang bersih dan terawat, maka penggunaan mobil pun semakin nyaman. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.