7 Tips Memilih Jas Hujan Motor Berkualitas, Perhatikan Bahan dan Ketahanan Air
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jas hujan menjadi barang penting saat sudah memasuki musim penghujan bagi pemotor. Apalagi bagi yang kerap beraktivitas di luar, tentunya wajib membawa jas hujan. Bagi Anda yang belum memiliki mantel pelindung ini dan ingin membelinya, ketahui dulu tips memilih jas hujan yang nyaman dan awet.

Cuaca hujan kerap menjadi hambatan ketika ingin bepergian keluar rumah. Supaya kegiatan harian Anda tidak terkendala atau terganggu, pastikan Anda selalu membawa jas hujan di musim-musim yang basah ini. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan tips memilih jas hujan demi kenyamanan dan keselamatan saat memakainya. 

Tips Memilih Jas Hujan yang Nyaman dan Awet

Ada banyak sekali merek jas hujan yang dijual di toko maupun online shop. Mungkin Anda bingung dengan pilihan jas hujan yang beragam, mulai dari kualitas bahan, warna, hingga modelnya. Sebaiknya jangan asal beli jas hujan supaya tidak menyesal karena barangnya tidak sesuai keinginan. 

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk memilih jas hujan yang tepat dan pas. Selain desain atau modelnya, faktor keamanan dan kenyamanan  penggunaan menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Berikut ini sejumlah tips memilih jas hujan yang perlu Anda tahu:

Pilih yang Berbahan Tebal dan Kuat

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat membeli jas hujan adalah bahannya. Setiap merek jas hujan biasanya dibuat dengan material yang berbeda-beda. Beberapa bahan yang umum digunakan untuk pembuatan jas hujan, yaitu PVC, plastik, taslan, lateks, dan lainnya. 

Demi keamanan dan supaya awet, pastikan Anda memilih jas hujan yang bahannya tebal dan kuat. Selain itu, pemilihan jas hujan juga harus disesuaikan dengan kondisi penggunaannya. Misalnya jas hujan bahan lembut dan agak tipis cocok untuk cuaca berkabut. Sedangkan jas berbahan tebal pas dipakai dalam melindungi hujan deras. 

Pastikan Jas Hujan Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik

Tips selanjutnya adalah memilih jas hujan dengan sirkulasi udara yang baik. Tentunya Anda tidak ingin merasa sesak atau terbekap saat memakai jas hujan. Jadi pilihlah jas hujan yang didesain dengan sirkulasi udara yang baik sehingga menunjang kenyamanan Anda dan mencegah kelembaban setelah digunakan. 

Pilih yang Ukurannya Sesuai dengan Badan Anda

Ukuran jas hujan tentunya harus sesuai dengan ukuran badan Anda agar nyaman saat digunakan. Anda perlu memperhatikan lebar lingkar pinggang, panjang lengan, hingga lebar lubangnya. Mungkin Anda bisa memilih jas yang agar sedikit besar dari badan Anda karena pertimbangan tambahan pakain yang dikenakan. 

Pastikan Resleting dan Tudung Kepala yang Aman

Anda juga perlu mempertimbangkan kualitas dari resleting jas hujan. Jas hujan yang awet umumnya memakai resleting dari bahan tembaga atau kuningan yang tidak mudah rusak dan berkarat. Pastikan resleting jas Anda bisa menutup dengan rapat atau sempurna. Selain itu, tudung jas hujan juga harus menutup dengan baik untuk mencegah air masuk. 

Sebaiknya Pilih Jas Hujan Berwarna Cerah

Tak banyak yang tahu bahwa jas hujan berwarna cerah memiliki fungsi yang penting saat dipakai. Selain untuk melindungi badan dari air hujan, mantel berwarna cerah berguna agar lebih mudah dilihat. Saat Anda memakai di jalan gelap atau malam hari, jas hujan Anda masih terlihat sehingga lebih aman. 

Pilih Bahan yang Mudah Dibersihkan dan Cepat Kering

Selain bahan yang awet dan kuat, sebaiknya Anda memilih jas hujan yang mudah dibersihkan. Jas hujan memang dirancang untuk siap terkena basah dan kotor, seperti saat terpapar lumpur atau cipratan genangan. 

Supaya tidak mudah rusak dan kusam, pastikan memilih jas hujan yang mudah dibersihkan. Selain itu, Anda juga perlu memilih jas hujan yang lebih cepat kering. Jangan biarkan jas hujan Anda basah dalam kondisi lama karena akan menyebabkan cepat berjamur dan bau. 

Perhatikan Tingkat Ketahanan Air

Setiap jas hujan biasanya didesain dengan tingkat ketahanan air yang berbeda-beda. Anda harus memperhatikan tingkat ketahanan air saat membeli jas hujan. Semakin baik kualitas bahannya maka tingkat ketahanan airnya semakin tinggi. 

Saat memakai jas hujan dengan ketahanan tinggi maka Anda terjamin aman dari air hujan dan tidak akan merembes masuk. Umumnya tingkat ketahanan jas hujan terbagi dalam kategori: water-resistant, water-repellent, dan waterproof. 

Demikianlah beberapa tips memilih jas hujan yang tepat demi kenyamanan dan keamanan saat digunakan. Pastikan Anda memilih jas hujan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Baca juga mengenal jenis-jenis jas hujan bagi pengendara motor. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.